Tips untuk Cepat Closing Penjualan di Market Place

Jika Anda sudah memiliki produk yang bagus, deskripsi dan gambar produk yang lengkap dan jelas, harga yang bersaing, serta tersebar di berbagai market place, namun apabila Anda tidak memiliki kemampuan closing, maka semua itu sia-sia. Tips untuk cepat closing penjualan di Market Place ini cukup ampuh jika dilakukan.

Tips untuk Cepat Closing Penjualan di Market Place
Tips untuk Cepat Closing Penjualan di Market Place

Kemampuan closing sangat penting karena inilah tahap akhir dari proses akhir negosiasi jual beli di mana pembeli memutuskan untuk membeli produk Anda. Itu sebabanya sangat penting Anda menjalankan tips di bawah ini agar bisa closing cepat di marketplace.

1. Jawablah pertanyaan calon pembeli dengan cepat, jangan sampai lebih dari 1 menit.
Coba tempatkan diri Anda pada posisi pembeli. Jika Anda ingin membeli barang di market place, toko yang kemungkinan besar akan Anda pilih adalah toko yang paling cepat membalas pesan dan pertanyaan pembeli.

Jadi meskipun Anda punya banyak toko tapi tidak pernah membalas chat pembeli, maka percuma punya banyak produk. Jika Anda terlalu lama membalas chat pembeli, maka calon pembeli Anda akan pindah ke toko lain yang mungkin harganya lebih mahal sedikit tapi membalas chat dengan cepat karena mereka senang dengan pelayanan yang cepat.

Selain itu, pembeli akan merasa lebih aman membeli di tempat Anda ketika balasan chatnya cepat, karena dengan demikian toko Anda dianggap memiliki tanggung jawab kalau-kalau ada komplain setelah membeli barang Anda.

Jadi walaupun Anda punya produk bagus dan murah, tapi kalau jawab chatnya 1 atau 2 jam kemudian, maka jangan berharap banyak bisa closing.

Karena itu jangan sampai slow respons. Kalau bisa ketika customer tanya, detik itu juga sudah bisa dijawab. Jika Anda tidak yakin barang yang ditanya itu ada atau tidak, jawab dulu dengan jawaban bahwa Anda akan cek dulu, minta mereka menunggu kepastian barang. Itu lebih baik daripada Anda diamkan selama setengah jam lebih.

2. Selalu berikan emoticon SMILE di setiap chatting.
Memang kelihatannya sederhana, tapi ini bisa menunjukkan bahwa Anda adalah penjual yang ramah dan bersedia menjawab berapapun pertanyaan mereka.

Jika Anda tidak memakai emoticon, maka bisa saja mereka menganggap Anda tidak ramah, meskipun Anda menjawab pertanyaan mereka dengan senyuman. Mereka tidak bisa melihat wajah Anda, itu sebabnya diwakili oleh emoticon tersebut.

Pelanggan sudah pasti lebih senang dengan penjual yang ramah, tapi itu tidak akan terlihat tanpa emoticon. Jadi pakailah emoticon yang menunjukkan bahwa Anda ramah dan menyenangkan diajak bicara.

3. Pakai trik kelangkaan produk.
Trik ini cukup manjur juga, apalagi jika pembeli sudah benar-benar pengen produk yang ditanyakan. Jika mereka dibuat berpikir bahwa barangnya tinggal sedikit, maka mereka akan cepat-cepat klik beli dan langsung transfer.

Anda bisa tulis seperti ini misalnya: Oh ya gan, kebetulan barang ini sisa 2pcs aja. Kalau bisa segera pesan dan transfer sekarang ya agar tidak kehabisan, soalnya kalau habis belum tentu kita restok lagi.

4. Follow up calon pembeli.
Jika ada calon pembeli yang tanya-tanya tentang barang yang Anda tawarkan tapi tidak order juga, maka Anda bisa follow up mereka. Mengapa? Karena bisa saja mereka lupa atau merasa belum mau beli. Tapi dengan kita ingatkan kembali, bisa saja mereka jadi membeli.

Anda juga bisa menanyakan apa kendala yang membuat dia belum juga order atau mengapa dia ragu untuk membeli.

Anda bisa bertanya seperti ini: “Bagaimana menurut agan tentang produk kami,” “Apa ada informasi yang kurang jelas?”, “Ada hal lain yang bisa saya bantu?”

Dengan demikian calon pembeli akan mulai berpikir lagi tentang produk yang ingin dia beli dan kemungkinan mereka akan order.

Jadi hal-hal di atas merupakan tindakan yang sangat penting untuk membuat mereka closing. Tips untuk cepat closing penjualan di Market Place ini sudah banyak yang mempraktekkan, meskipun tidak selalu berhasil, tapi selalu ada kemungkinan besar berhasil karena jika orang sudah pernah bertanya, maka ada kemungkinan 50% dia akan membeli, 50%-nya lagi tergantung Anda. Selamat Closing!!

Baca juga: Bisnis Internet Yang Menguntungkan SB1M di Ambon.

Kasih Komentar kamu di sini