Tips Menghilangkan Ketombe yang Membandel Secara Alami dan Cepat

Tips Menghilangkan Ketombe yang Membandel Secara Alami dan Cepat
Tips Menghilangkan Ketombe yang Membandel Secara Alami dan Cepat

Masalah kulit kepala yang biasa disebut ketombe adalah masalah yang sangat menyebalkan karena kepala jadi gatal-gatal dan yang terlebih mengganggu lagi adalah orang tersebut tidak bisa memakai baju hitam karena jika ketombe sedang parah-parahnya, Ketombe yang jatuh akan terlihat jelas di baju. Jika Anda sudah berusaha menghilangkan ketombe tapi belum juga berhasil, inilah tips menghilangkan ketombe yang membandel secara alami dan cepat.

Menggunakan Jeruk Nipis
Vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis ternyata bisa melenyapkan ketombe di kulit kepala. Jeruk nipis memang dikenal dapat menjaga kesehatan kulit, jadi juga bisa dipakai untuk kulit kepala. Caranya ambil 1-2 jeruk nipis, lalu peras dan ambil air perasannya. Kemudian balurkan perasan itu ke seluruh kulit kepala sampai merata. Lakukan ini secara teratur 3 kali dalam seminggu. Setelah itu bersihkan rambut sampai bersih.

Menggunakan Lidah Buaya
Lidah buaya adalah tumbuhan yang dikenal bisa membuat rambut menjadi subur, tapi ternyata sekalian bisa menghilangkan ketombe yang membandel. Caranya ambil sebatang lidah buaya yang dibelah jadi dua. Ambil gel yang terdapat di bagian tengahnya. Balurkan gel itu ke seluruh kepala sampai merata. Jika ingin hasil yang maksimal, tutup kepala dengan handuk agar gel terserap di kulit kepala. Setelah didiamkan beberapa saat, bilas dengan air sampai gel hilang.

menggunakan Daun Pandan
Kandungan senyawa dalam daun pandan ternyata sangat berkhasiat untuk menghilangkan ketombe. Caranya ambil 5-8 lembar daun pandan, cuci bersih dengan air lalu tumbuh daun pandan sampai halus dan diperas airnya. Oleskan air perasan daun pandan ke kulit kepala sampai merasa sambil memijat kulit kepala secara perlahan-lahan. Jangan sampai terkena kuku. Setelah didiamkan beberapa menit, bilas sampai bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan setiap hari sampai ketombe hilang.

Menggunakan Kangkung
kangkung juga bisa menghilangkan ketombe yaitu air rebusannya. Caranya ambil seikat kangkung lalu direbus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas. Peras kangkung yang direbus tadi sampai keluar sarinya. Oleskan air sarinya ke kulit kepala sampai merata lalu diamkan selama 20-30 menit. Kemudian bilas dengan air sampai bersih. Lakukan secara konsisten selama beberapa hari dan coba cek apakah masih ada ketombe, jika masih, tambahkan beberapa kali lagi.

Menggunakan Buah Lemon
Lemon adalah bahan yang tidak mengandung zat kimia dan tingkat keasamannya akan membantu menghancurkan jamur penyebab ketombe. Caranya peras beberapa buah lemon dan gunakan airnya. Balurkan air perasan lemon ke kulit kepala Anda secara rutin ketika sedang keramas dan bilas sampai bersih.

Menggunakan Larutan Cuka
Larutan cuka putih dapat menyingkirkan kulit mati (calon ketombe) dan membuka pori-pori yang tersumbat. Caranya oleskan cuka ke kulit kepala Anda dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air sambil bersih.

Menggunakan Garam
Garam berfungsi untuk menyingkirkan kulit mati penyebab ketombe karena ia memiliki fungsi sebagai exfoliator atau pembersih alami.

Berjemur di matahari
Jika Anda tidak nyaman menggunakan bahan-bahan di atas, ada cara yang sangat mudah yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari. cara kerjanya adalah sinar matahari dapat mengurangi kelembaban rambut dan kulit kepala yang adalah penyebab utama ketombe. Anda bisa berjemur di pagi hari sekitar jam 9 selama 15-20 menit dan cahaya matahari akan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit kepala Anda sehingga kulit kepala bebas dari minyak berlebih yang menyebabkan kelembaban pada kulit kepala Anda.

Demikianlah tips menghilangkan ketombe yang membandel secara alami dan cepat yang dapat Anda coba untuk membersihkan kulit kepala Anda dari ketombe yang berkepanjangan. Selamat mencoba.

Simak juga artikel menarik lainnya: Menikmati Bubur Ayam Nyemplung yang enak dan gurih.

Kasih Komentar kamu di sini