Tips Mencegah Serangan Jantung dan Stroke Secara Alami

Tips Mencegah Serangan Jantung dan Stroke Secara Alami
Tips Mencegah Serangan Jantung dan Stroke Secara Alami

Stroke datang tidak pandang bulu. Dia bisa datang kapan saja dan menyerang siapa saja, termasuk Anda. Jadi waspadalah. Jika Anda tidak ingin mengalami serangan jantung atau stroke, bacalah tips mencegah serangan jantung dan stroke secara alami ini dan praktekkan supaya Anda bisa menjaga kesehatan jantung Anda.

Stroke adalah suatu sindrom klinis yang menyerang otak atau sebagian otak. Stroke terjadi akibat dari terganggunya aliran darah ke otak dan penyebabnya murni akibat gangguan pembuluh darah bukan penyebab yang lain.

Stroke adalah penyebab kematian dan kecacatan urutan ke-3 setelah jantung dan kanker. Stroke menyerang kebanyakan pada usia di atas 60 tahun, tapi saat sudah ada kecenderungan menyerang pada usia muda. Ada dua jenis stroke, stroke penyumbatan dan stroke pendarahan. Stroke penyumbatan kejadiannya 80% dan 20% kasus pendarahan.

Proses terjadinya stroke
Stroke terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah di otak dan di daerah leher (aterosklerosis), dan tempat lain seperti emboli (jantung), gangguan pengentalan darah, juga karena mempunyai penyakit metabolik seperti kencing manis.

Sedangkan stroke pendarahan (pecah pembuluh darah), biasanya disebabkan hipertensi (darah tinggi). Aneurisma pembuluh darah, obat-obat pengencer darah, termasuk drug abuse (kokain). Kelainan pembuluh darah seperti Arteri Vena Maformation yang pecah itu juga bagian dari stroke pendarahan.

Gejala-gejala Stroke
Anda yang tidak ingin menderita stroke perlu mengetahui gejalanya. Gejala stroke meliputi gejala yang paling ringan sampai dengan yang berat, seperti koma. Gejala yang bisa dilihat lainnya antara lain, bicara pelo, kelemahan sesisi tubuh, tiba-tiba lupa, vertigo, kesemutan. Gejala yang mulai berat ditandai dengan pandangan dobel, kejang, tidak sadar diri.

Beberapa faktor risiko stroke juga perlu diwaspadai. Sebut saja hipertensi, merokok, obesitas, gangguan irama jantung, kencing manis, hiper kolesterol, gaya hidup santai (kurang olahraga), usia, ras (cenderung kulit hitam: Afrika), hingga faktor keturunan.

Tips ketika terjadi stroke.
Jika menemukan pasien stroke tiba-tiba tidak sadar jangan panik. Sebelum dibawa ke RS, lakukan hal-hal ini:

  • Baringkan penderita agar jalan nafas tetap baik dan bila perlu miringkan penderita jika timbul muntah.
  • Kalau ada kejang jangan panik, jauhkan benda-benda tajam agar tidak melukai. Kendorkan pakaian supaya pergerakan pernapasan di dada tetap terlihat apakah pasien dalam kondisi bernapas atau tidak.
  • Raba nadi di pergelangan tangan atau daerah leher untuk mengetahui apakah masih ada denyut nadi yang menandakan sirkulasi masih baik.
  • Diperlukan bantuan hidup dasar jika tanda-tanda di atas sudah tidak ditemukan.

Jika penderita mengalami stroke ringan, harus segera dibawa ke RS dalam waktu 3 sampai 6 jam karena berhubungan dengan sel-sel saraf yang mengalami gangguan agar tidak menjadi rusak permanen.

Untuk pengobatan tentu saja disesuaikan dengan berat atau ringan stroke dan penyebabnya. Pengobatan stroke yang berat harus menjalani perawatan dan pengobatan di ruang intensive atau Unit Stroke, agar dapat ditangani secara paripurna. Sedangkan pengobatan stroke yang ringan bisa menjalani rawat inap dan pengobatan di ruang biasa selama vase akut stroke terjadi (5) hari.

Dilakukan mobilisasi secepatnya untuk melatih anggota tubuh yang mengalami gangguan dengan fisioterapi.

Selama perawatan di rumah sakit, dokter akan mencari faktor-faktor risiko agar stroke tidak berulang, dengan menggunakan alat-alat bantu diagnostik seperti pemeriksaan laboratorium, doppler, angiografi, dan lainnya.

Tips mencegah serangan jantung dan stroke secara alami:

  • Lakukan medical check-up rutin 1 tahun sekali jika tidak ada keluhan.
  • Memperbaiki gaya hidup, seperti olahraga teratur, mengurangi makanan berlemak. Perbanyak mengonsumsi buah dan sayur serta mengurangi garam.
  • Mengobati penyakit yang menyebabkan stroke juga penting, seperti kencing manis, hipertensi, dan jantung. Hindari rokok, dan tidak mengonsumsi alkohol berlebihan.

Demikianlah tips mencegah serangan jantung dan stroke secara alami ini, semoga bermanfaat bagi Anda untuk menjaga kesehatan jantung dan tubuh Anda.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Batu Ginjal Secara Alami Tanpa Efek Samping.

Kasih Komentar kamu di sini