Tips Memilih Mainan yang Tepat Untuk Merangsang Perkembangan Anak

Tips Memilih Mainan yang Tepat Untuk Merangsang Perkembangan Anak
Tips Memilih Mainan yang Tepat Untuk Merangsang Perkembangan Anak

Mainan adalah bagian dari dunia anak karena anak-anak memang suka bermain di masa pertumbuhan mereka. Itu sebabnya Anda perlu menyimak tips memilih mainan yang tepat untuk merangsang perkembangan anak Anda supaya bisa memilih mainan yang sekaligus bisa mengedukasi anak Anda.

Fungsi mainan bagi anak adalah sebagai sarana stimulasi untuk masuk ke dunia sebenarnya. Misalnya bermain boneka berarti merupakan persiapan untuk mengurus anak, atau bermain sekolah-sekolah berarti persiapan untuk berinteraksi dengan teman.

Mainan juga menjadi alat untuk melatih kemampuan anak sesuai tahap perkembangan usianya. Mainan selain memberikan kesenangan juga memberikan manfaat yang mendidik.

Mainan yang tepat untuk anak adalah yang sesuai dengan perkembangan usianya. Anak usia satu tahun ditargetkan untuk menguasai kemampuan motorik.

Mainan yang cocok untuk anak usia ini adalah mainan yang bisa memicunya untuk berjalan atau melatih gerakan tangan seperti memungut benda.

Anak usia 2-3 tahun sudah bisa mengungkapkan diri dan bercerita. Anda seusia ini bisa diberi telepon mainan. Dengan begitu, ia bisa bercerita tentang berbagai hal dan merangsangnya berlatih berbicara. Untuk anak usia lima tahun, orangtua bisa memberikan mainan peralatan memasak. Dengan mainan ini, ia dapat belajar merapikan mainan atau menata makanan. Hal ini berguna untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan afeksinya.

Orangtua harus memberi tahu tujuan dan cara memainkan mainan. Misalnya mainan pedang-pedangan. Beritahukan bahwa pedang berguna untuk menghadapi musuh yang menyerang dan bukan dipakai untuk menyerang orang yang tidak bersalah. Jadi anak juga tidak sembarangan menggunakannya dan perilakunya juga tidak akan menjadi buruk.

Saat anak bermain, orangtua harus tetap menemani. Misalnya, ayah bisa menemani anak bermain permainan untuk merangsang keterampilan motoriknya, seperti melompat, melempar, dan lari. Untuk merangsang kegiatan motorik halus, ibu bisa menemani anak saat bermain masak-masakan.

Berikut ini beberapa tips untuk memilih mainan yang tepat untuk anak:

  • Bacalah label rekomendasi usia yang tertera pada mainan agar Anda tepat memilihkan maianan untuk si kecil.
  • Pilih mainan yang baik dan kuat konstruksinya. Jika bagian-bagian mainan terlepas, dikhawatirkan akan digigit atau ditelan anak.
  • Mainan yang baik harus terbuat dari bahan yang bersifat non-toksik atau tidak beracun sehingga aman untuk anak.
  • Hindari mainan yang terdiri dari bagian-bagian kecil dan memiliki pinggiran besi atau kaca yang tajam.
  • Hindari pula mainan seperti kelereng, koin, atau bola-bola kecil yang mudah ditelan anak-anak.
  • Periksalah secara berkala mainan anak, apakah masih dalam kondisi baik dan bagian-bagiannya tidak terlepas atau rusak.

Itulah tips memilih mainan yang tepat untuk merangsang perkembangan anak yang dapat Anda praktekkan pada anak Anda.

Silahkan baca juga: Permainan yang Bisa Mengasah dan Meningkatkan Kecerdasaan Otak Anda.

Kasih Komentar kamu di sini