Tips Membuat Taman dan Kolam Ikan di Dalam Rumah

Tips Membuat Taman dan Kolam Ikan di Dalam Rumah
Tips Membuat Taman dan Kolam Ikan di Dalam Rumah

Keberadaan teman dan kolam ikan dalam rumah memang dipercaya dapat menghadirkan suasana yang menyejukkan. Meski tempat dan ukurannya terbatas, kehadiran taman dan kolam ikan mampu memberikan pemandangan yang menyejukkan. Artikel ini akan memberi Anda tips membuat taman dan kolam ikan di dalam rumah yang akan menambah keindahan dan kesejukan rumah Anda.

Walaupun lahannya terbatas, banyak pemilik rumah berusaha menghadirkan taman atau kolam ikan di dalam rumah mereka. Apalagi jika Anda punya lahan yang cukup serta gemar memelihara tanaman dan ikan hias, tidak ada salahnya menyemarakkan kediaman Anda dengan menghadirkan taman dan kolam ikan di dalam rumah.

Beberapa sumber menyebutkan, melihat tanaman yang tertata rapi dan menatap ikan dalam waktu beberapa menit dapat menghilangkan kelelahan otak dan stres. Belum lagi suara gemericik air yang ada di tengah ruangan dianggap mampu membuat suasana tenang.

Nah, jika Anda sudah memutuskan ingin membuat taman dan kolam ikan di dalam rumah, ada baiknya Anda memerhatikan aspek-aspek berikut ini:

1. Karakter pemilik rumah.
Ini sangat penting untuk diketahui. Dengan mengetahui karakter si pemilik rumah, apakah dia orang yang senang dengan maintenace atau tidak, bagaimana kegiatannya, sibuk atau tidak, Anda bisa menentukan jenis taman atau kolam seperti apa yang akan dibuat.

Jika Anda termasuk orang yang sibuk dan tidak menyukai maintenance, pilih model taman dan kolam renang yang tidak membutuhkan perawatan lebih.

2. Perhatikan gaya rumah.
Gaya rumah biasanya memengaruhi jenis tanaman dan bentuk kolamnya. Untuk rumah bergaya klasik, biasanya dipilih tanaman yang cenderung rimbun. Sedangkan untuk rumah gaya minimalis di mana pada bangunan rumah banyak terdapat garis-garis geometris, pilihlah tanaman yang juga mempunyai garis geometris dan jangan menempatkan tanaman terlalu banyak.

Beri juga kerikil-kerikil kecil di pinggiran taman agar terkesan menyatu antara bangunan rumah dengan taman ataupun kolam.

3. Perhatikan jenis tanaman dan ikan.
Karena taman akan berada di dalam rumah, pilihlah tanaman yang tidak terlalu memerlukan banyak sinar matahari dengan daun yang tidak mudah rontok.

tanaman dari keluarga aglonema, palem kuning, dan pandan bali sangat cocok untuk taman dalam rumah.

Untuk jenis ikannya, untuk pemula pilihlah ikan mas komet atau ikan nila yang mempunyai warna cerah tidak kalah dengan ikan Koi.

Untuk ikan nila dan ikan mas komet, kolam ikan dengan kedalaman 30 cm sudah cukup. Tapi jika Anda memilih ikan Koi, kedalaman kolam minimal harus 60cm.

Jika anda ingin menggabungkan jenis ikan dalam satu kolam, perhatikan karakteristik ikan tersebut, apakah dia termasuk jenis herbivora atau carnivora.

Jangan sesekali menggabungkan ikan nila yang termasuk carnivora (pemakan daging) dengan ikan Koi. Bisa-bisa ikan Koi Anda yang berharga mahal akan dilahap habis.

4. Aliran pembuangan air.
Lokasi kolam ikan dan taman harus diupayakan dekat dengan sumber air. Saluran pembuangan air kolam harus dibuat di dasar kolam. Sumber air kolam bisa didapat dengan membuat kran air di dekat kolam dan taman tersebut.

5. Keamanan pemilik rumah.
Ini juga penting. Jika di dalam rumah Anda ada anak kecil, sebaiknya Anda perhatikan kedalaman kupon.

6. Pemeliharaan.
Karena taman ini terletak di dalam rumah, sebaiknya jangan terlalu sering di siram. Cukup 2 minggu sekali. Begitu juga dengan pemupukannya, cukup satu minggu sekali menggunakan pupuk organik dengan takaran setengah dari tanaman outdoor.

Untuk kolam ikannya, karena sudah ada filter, pencucian bisa dilakukan 2 minggu sekali dengan membersihkan filternya. Kolam jangan sering-sering dikuras, karena jika airnya sering diganti, ekosistem kolam akan hilang dan bisa mengganggu kehidupan yang ada di kolam tersebut.

7. Ornamen penunjang.
Untuk mempercantik taman dan kolam ikan Anda, gunakan ornamen penunjang seperti patung-patung, guci, tempayan, atau hadirkan air terjun.

Bagaimana, mudah bukan? Sekarang Anda pasti sudah siap untuk menghadirkan taman dan kolam ikan di dalam rumah. Semoga tips membuat taman dan kolam ikan di dalam rumah ini dapat membantu Anda membuat taman dan kolam yang sesuai bagi rumah Anda.

Baca juga: Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh Manusia.

Kasih Komentar kamu di sini