Tips Memasak Jagung yang Benar Supaya Manis dan Lezat

Tips Memasak Jagung yang Benar Supaya Manis dan Lezat
Tips Memasak Jagung yang Benar Supaya Manis dan Lezat

Semua orang mengenal yang namanya jagung. bahan makanan ini bisa disantap oleh orang-orang yang masih muda, setengah tua, maupun orang tua. Buahnya yang masih sangat muda dan empuk renyah, enak dimasak chop suey atau cap cay gaya restoran Cina. Artikel ini akan membahas tips memasak Jagung yang benar supaya manis dan lezat.

Setelah makin berisi, jagung setengah tua enak dimakan sebagai jagung rebus atau bakar, apalagi setelah diolesi campuran bumbu pedas manis.

Di Bogor, jagung bakar begini diserut lalu disantap bersama kuah asinan segar, namanya asinan jagung bakar.

Untuk bisa mendapatkan rasa jagung yang enak yang paling bagus adalah memilih jenis jagung manis. Jadi setelah masak jagungnya memang sudah manis rasanya. Tapi jika memasaknya tidak benar, maka jagung manis pun nanti jadi tidak manis lagi. Silahkan disimak tips memasak Jagung yang benar supaya manis dan lezat.

Ketika merebus jagung, apabila ingin jagung tetap sedap dan segar, ada caranya tersendiri. Jagung sebaiknya direbus bersama kulitnya, jangan terlebih dahulu dikupas. Kulit jagung dapat dikupas sebagian untuk menghilangkan sebagian kulitnya sehingga tidak terlalu tebal, tapi jangan dibuang semua, sebaiknya disisakan saja beberapa lembar yang masih menutup biji buah jagung tersebut.

Kebiasaan kita membakar jagung secara tradisional tanpa kulit berakibat merusak tekstur dan kandungan gulanya. Akibatnya, jagung menjadi kering, layu, cenderung liat, dan berkurang rasa manisnya.

Untuk itu, bakar jagung bersama kulitnya hingga masak. Namun cara terbaik adalah dengan memanggang jagung berikut kulitnya di dalam oven. Hasilnya, jagung terasa manis, renyah, bersusu (milky), dan beraroma.

Jika Anda suka jagung rebus, saat merebus, gunakan air sampai batas luapan airnya ketika mendidih bisa mencapai jagung paling atas. Rebus sampai jagung mulai masak, segera angkat.

Merebus terlalu lama justru akan merusak kandungan gulanya. Jagung manis memerlukan waktu perebusan lebih singkat daripada jagung biasa.

Untuk mempertajam aromanya, sewaktu merebus jagung bisa ditambahkan sedikit gula. Jangan sekali-kali menambahkan garam ke dalam air rebusan. Cara ini hanya akan membuat jagung menjadi keras dan keriput, karena kandungan airnya banyak terserap keluar akibat adanya perbedaan tekanan osmosis dengan air perebus.

Jika Anda menginginkan jagung rebus yang gurih, olesi jagung rebus panas dengan campuran bumbu gurih atau margarin/mentega sesaat sebelum disantap.

Itulah tips memasak Jagung yang benar supaya manis dan lezat yang dapat Anda praktekkan untuk mendapatkan kuliner jagung yang enak dan manis.

Baca artikel lainnya: Manfaat Mengonsumsi Jagung Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.

Kasih Komentar kamu di sini