Cara Mengobati Mata Belekan Dengan Cepat Dan Aman

Cara Mengobati Mata Belekan Dengan Cepat Dan Aman

Hari masih pagi dan Anda baru saja akan membuka mata untuk memulai hari yang baru. Tapi tunggu, apa ini? Kelopak mata Anda dempet jadi satu. Kemudian Anda gosok-gosok rambut mata, melihat diri di depan cermin dan menemui sesosok wajah yang suntuk, redup, gatal dan merah dan mengeluarkan cairan bening (atau kental kekuning-kuningan).

Jika begitu, Anda sedang belekan (atau istilah medisnya konjungtivitis). Belekan merupakan radang konjungtiva, sisi-dalam kedua kelo¬pak mata atas dan bawah dan menutupi bagian putih mata. Beberapa penyebab belekan (dan pemecahan yang berhubungan dengannya) mencakup:

  • Reaksi alergis terhadap debu, sepura jamur dan ketombe atau kontak langsung dengan air atau kosmetik yang mengandung zat klorine. Jika Anda tidak bisa menghindari alergen, mungkin antihistamin bisa membantu. Sehingga mata bisa mengeluarkan agen vasokonstriktif atau steroid. (Persiapan steroid memerlukan resep khusus).
  • Konjungtivitis bakterial yang dicirikan oleh kotoran seperti nanah. Kompres dengan air hangat, tambahkan minyak antibiotika atau obat tetes seperti yang disarankan dokter mungkin bisa membantu. Bila diobati secara teratur, konjungtif bakterial bisa hilang dalam waktu dua atau tiga hari.
  • Konjungtif viral sebagai akibat kompliksi flu dan pilek. Konjungtif viral menghasilkan sedikit kotoran hitam, tapi lebih banyak keluar air dibanding konjungtivitas bakterial. Bila antibiotika tidak bekerja, maka diperlukan waktu antara 14 sampai 21 hari untuk menghilangkan konjungtif viral.

 

Di bawah ini beberapa tips untuk menyembuhkan gejala-gejala belekan:

  • Jangan menyentuh daerah mata dengan jari Anda. Jika Anda terpaksa mengusap mata, gunakan tisu.
    Dengan mata terpejam, basuhlah kelopak mata dengan air hangat (jangan terlalu panas) untuk melunakkan dempetan mata tiga sampai empat kali setiap hari setidak-tidaknya 5 menit setiap kali. (Usapan ini juga bisa membantu menghi¬langkan kotoran sisa belekan yang masih menempel di kelopak mata).
  • Gunakan obat-tetes yang dijual bebas di apotek. Cairan ini bisa menghilangkan iritasi dan mengurangi rasa gatal pada mata.
  • Hindari memakai tata rias mata sampai infeksi benar-benar berhasil dihilangkan. (Dan jangan meminjamkan peralatan tata rias Anda dengan orang lain).
  • Jangan menutupi atau menempeli mata; ini bisa mendorong berkembangnya organisme penyebab infeksi.
  • Jangan memakai kontak-lens selagi mata Anda terinfeksi.
  • Basuhlah tangan Anda sesering mungkin dan gunakan handuk Anda sendiri. (Jangan memakai handuk orang lain). Belekan mudah sekali menular dan bisa menyebar dari satu orang ke orang lain dengan perantara tangan, handuk atau lap.
  • Temuilah dokter jika tidak ada perkembangan dalam dua atau tiga hari atau mata Anda semakin sakit atau sensitif terhadap cahaya.

Kasih Komentar kamu di sini