Tips Ampuh dan Terbaik untuk Sukses Jualan di Marketplace

Tips ampuh dan terbaik untuk sukses Jualan di Marketplace
Tips ampuh dan terbaik untuk sukses Jualan di Marketplace

Dalam berjualan di market place, kita tidak bisa asal-asalan, khususnya dalam hal memilih barang jualan. Tips ampuh dan terbaik untuk sukses Jualan di Marketplace ini dapat membantu Anda untuk memulai bisnis online.

1. Lihat passion dan siapa diri Anda.
Seperti layaknya membuka bisnis offline, ketika mau berjualan di online pun ada baiknya Anda sesuaikan dengan passion Anda. Walaupun tidak wajib, tapi ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda ketika memilih barang jualan.

Banyak orang sukses cenderung percaya bahwa apa yang menjadi passion kita akan lebih mudah dikembangkan dalam bisnis. Sebetulnya ini bukan sebuah rumus, tapi ini juga bisa menjadi rumus.

Saat Anda ingin memulai berjualan, coba perhatikan diri Anda, hobi Anda, kesukaan Anda atau mungkin cita-cita Anda. Kaitkan dengan rencana produk/barang yang akan Anda jual di marketplace. Semakin Anda menyukai produk yang Anda jual, biasanya akan semakin bertambah semangat untuk mempelajari lebih tentang produk-produk tersebut.

Semakin Anda pintar, maka semakin Anda menguasai produk yang Anda jual berarti semakin cerdas Anda menentukan target pembeli sehingga lebih mudah menarik minat mereka.

Dan itulah salah satu strategi cerdas berjualan.

2. Kenali Produk Anda.
Sudah dijelaskan di poin pertama bahwa jika Anda menyukai dan mengenali produk Anda, maka Anda akan mudah menjelaskan secara detail produk yang dijual dan membaca trend pasar. Dengan begitu, Andapun bisa meningkatkan penjualan lebih dahsyat lagi dengan mengembangkan produk sebaik mungkin melebihi kompetitor atau saingan-saingan Anda.

3. Kenali Saingan Anda.
Ibarat berperang, ada pepatah mengatakan: “Kenali musuhmu, maka kemenangan berada di tanganmu.”

Ini tidak ada bedanya dengan Anda berjualan. Mengenali pesaing Anda untuk bisa mengalahkan mereka dan menarik perhatian pembeli ke tempat Anda. Jelas saja ini tidak mudah. Lagi-lagi butuh strategi.

Lalu, strategi seperti apa?

a. Buat pembeda dari pesaing Anda! Caranya?

Toko harus lebih baik dari pesaing Anda
– Menggunakan nama toko dan tagline yang mudah diingat.
– Memasang foto real dan menarik.
– Menulis judul produk yang informatif dan menarik.
– Deskripsi produk lengkap dan jelas.

Jika anda pemain dropship marketplace, bisa ditambahkan informasi kelebihan dan keuntungan belanja di toko Anda di dalam deskripsi produk.

b. Jual produk dengan harga terbaik
Ingat, harga terbaik bukan sekedar murah. Tidak selalu dengan Anda memberi harga termurah lantas diserbu banyak pembeli. Belum tentu! Justru seringkali malah menimbulkan kecurigaan di benak pembeli tentang barang yang Anda jual. Jadi hati-hati dalam memberikan harga.

c. Berikan sesekali harga promo
Karena begitu ketatnya persaingan di pasar online ini, tidak ada salahnya jika Anda memberikan sesekali promosi harga serta kalimat penawaran yang menarik sehingga dapat menjadikan pengunjung membeli produk di toko Anda. Anda bisa melakukannya setiap minggu di akhir pekan.

4. Perhatikan dan Kenali Pelanggan Anda

Karena target utama Anda adalah untuk mendapatkan pelanggan setia, maka faktor terpenting berjualan di marketplace adalah mengenali dan memperhatikan pelanggan.

Sejak awal Anda berjualan, wajib bagi Anda untuk menargetkan siapa calon pembeli dari produk yang Anda jual. Ini sangat penting karena pembeli adalah raja buat Anda.

Makanya, untuk menentukan produk yang dijual hendaknya perhatikan selalu targetnya.

a. Pilih demografi yang spesifik sebagai target market
Anda harus menganalisa target market Anda berdasarkan kebutuhan mereka akan sebuah produk atau service yang Anda jual. Ketika Anda sudah bisa menentukan dan mengenali karakter target pembeli, itu akan membuat Anda lebih mudah mengetahui kapan waktu mereka biasa online dan berbelanja.

Contoh:
Anda menjual produk kecantikan. Target Anda adalah wanita mulai usia 20-40 tahun. Mulai dari mahasiswi sampai ibu-ibu rumah tangga.

b. Siap untuk promosikan barang Anda di waktu yang tepat.

Sering kali mereka online antara pukul 15.00-17.00 sore hari dan 19.00-22.00 di malam hari.

Di saat-saat itulah Anda harus selalu siap.

Kalau sudah niat untuk jualan online, Anda harus fokus dan serius. Nggak ada alasan untuk lambat menanggapi respon pelanggan Anda. Jangan sampai mereka berpaling ke saingan Anda cuma karena Anda telat menanggapi pesanan mereka.

c. Buatlah semua pembeli bahkan pelanggan Anda nyaman dengan toko dan semua pelayanan Anda.
Hal ini bisa dilakukan dengan menjawab chat dengan cepat, memberikan jaminan keaslian barang di deskripsi. Jika ada pilihan warna atau ukuran, berikan kepastian barang ready atau tidak.

Demikianlah Tips ampuh dan terbaik untuk sukses Jualan di Marketplace. Semoga bermanfaat. Selamat berjualan online.

Baca pula: Tips untuk Cepat Closing Penjualan di Market Place.

Kasih Komentar kamu di sini