Resep Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kacang yang Lezat

Resep Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kacang yang Lezat
Resep Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kacang yang Lezat

Sate merupakan kuliner yang sangat digemari oleh semua kalangan karena rasanya yang enak. Sate biasanya dibuat dari daging, seperti sate ayam, sate babi, sate kambing, dll. Inilah  yang dapat Anda nikmati di malam hari saat hujan … pasti enak. Inilah resep cara membuat sate kambing bumbu kacang yang lezat bagi Anda para penggemar sate kambing.

Hidangan sate kambing adalah salah satu olahan daging yang sangat enak karena aromanya yang mantap dan gurih. Jika Anda menyukai sate kambing, pastikan Anda membelinya dengan yang bumbu kacang yang lezat. Tapi tidak usah kuatir sekarang Anda tidak perlu membelinya karena Anda bisa belajar cara membuat bumbu sate kambing yang lezat dan gurih.

Inilah resep cara membuat sate kambing bumbu kacang yang lezat:

Persiapan yang dibutuhkan: 80 menit
Waktu Memasak: 40 menit
Total: 120 menit

Bahan utama:
1.250 gram daging kambing
32 buah tusuk sate
12 lembar daun pepaya, remas-remas

Bumbu Olesan Sate Kambing:
400 gram kecap manis
1 sendok makan garam
2 sendok teh merica bubuk
4 sendok makan margarin, lelehkan

Bumbu Saus Kacang Untuk Sate Kambing:
400 gram kacang tanah kulit, goreng, haluskan
200 gram kecap manis
600 ml air
2 sendok teh gula pasir
4 sendok teh garam

Bumbu yang Dihaluskan Untuk Membuat Saus Kacang:
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
8 buah cabai merah keriting
8 sendok makan minyak goreng

Cara Mengolah:
Pertama, potong-potong daging kambing berbentuk kotak kecil-kecil dan agak tipis. Disarankan jangan memotong daging terlalu besar atau tebal supaya pada waktu dibakar daging mudah matang secara merata dan empuk. Namun jika kita memotong dagingnya terlalu besar atau tidak beraturan maka daging akan sulit matang dengan merata dan karena tebal maka daging yang dibakar mungkin masih mentah.

Setelah daging selesai dipotong-potong, masukkan daging ke dalam panci dan cuci daging sampai bersih dengan air supaya semua kotoran yang menempel pada daging terlepas dan jadi bersih.

Setelah selesai mencuci daging, bungkus daging pakai daun pepaya agar daging jadi lebih empuk waktu dibakar. Setelah itu diamkan daging selama kira-kira 30 menit.

Tusuk-tusuk daging dengan memakai tusukan sate dan lumuri daging yang ditusuk dengan bumbu olesan lalu diamkan selama kira-kira satu jam agar bumbu yang dioleskan ke daging meresap secara merata.

Setelah itu bakar daging di atas panci anti lengket yang terlebih dahulu sudah dipanaskan di atas api sedang dan bakar sate sampai matang. Sekali-sekali balikkan daging dan olesi dengan kecap manis dan margarin.

Cara Membuat Bumbu Saus Kacang:
Setelah sate matang, diamkan dulu sambil kita membuat bumbu saus kacangnya. Pertama tumis bumbu halus sampai harum memakai wajan dengan minyak sedikit saja. Masukkan kacang tanah yang sudah dihaluskan tadi sambil menambahkan air. Lalu aduk sampai tercampur merata. Tambahkan gula pasir, garam, dan kecap manis kemudian aduk lagi sampai bumbu menjadi satu dengan semua bahan sampai merata.

Kemudian setelah matang, ambil bumbu dan taruh di atas piring dengan sate kambing yang sudah dibakar sajikan dengan jeruk limau selagi masih hangat. Selesai sudah dan siap disantap dalam keadaan panas. Untuk lebih menambah selera biasanya kita memakannya dengan lontong.

Silahkan dicoba resep cara membuat sate kambing bumbu kacang yang lezat ini. Mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda semua.

Baca juga artikel lainnya: Manfaat dan khasiat main billiard untuk kesehatan dan otak.

Kasih Komentar kamu di sini