Rahasia yang disimpan Pria ini selama 50 tahun akhirnya terbongkar … lihat apa yang terjadi selanjutnya

Sir Nicholas Winton

Pria ini diundang ke sebuah acara televisi dan duduk bersama para penonton lainnya, tiba-tiba tanpa aba-aba apa pun, semua orang berdiri dan pria ini sama sekali tidak tahu mengapa semua orang tiba-tiba berdiri.

Ternyata pria ini, yang bernama Sir Nicholas Winton, telah menyimpan sebuah rahasia yang sangat besar. Rahasia yang disimpan pria ini selama 50 tahun akhirnya terbongkar … lihat apa yang terjadi selanjutnya.

Rahasia itu adalah, di tahun 1938, ia secara rahasia mulai menyelamatkan anak-anak keturunan Yahudi dari pembunuhan massal oleh Nazi.

Di masa itu, semua orang Yahudi ditangkap dan dimasukkan ke kamp konsentrasi Auschwitz dan disiksa. Kebanyakan dari mereka yang masuk kamp konsentrasi itu pada akhirnya tewas dengan mengenaskan.

Walaupun berusaha sendirian, dia berhasil membawa keluar 669 anak-anak Yahudi itu dari Cekoslowakia menuju Inggris dan membantu mereka menemukan keluarga baru di Inggris. Kebanyakan orangtua anak-anak itu mati di kamp konsentrasi Auschwitz di Polandia.

Kamp Konsentrasi Auschwitz adalah kamp konsentrasi Nazi Jerman yang terdiri dari 40-50 kamp yang terletak 60km barat daya Krakow, Polandia.

Kamp-kamp ini awalnya digunakan untuk menginterogasi para anggota gerakan perlawanan Polandia, belakangan digunakan untuk tempat para tawanan perang Soviet. Tempat ini juga dipakai untuk memenjarakan para penjahat Jerman dan kaum homoseksual. Orang Yahudi pun akhirnya dikirim ke kamp itu yang jumlahnya mencapai 20.000 pada tahun 1942.

Ada kira-kira 700 tawanan yang berusaha meloloskan diri dari kamp-kamp Auschwits dan kira-kira 300 orang berhasil melarikan diri. Orang yang ditangkap kembali akan menjalani hukuman mati dengan tidak diberi makan, bahkan keluarga orang-orang yang melarikan diri kadang ditangkap dan dipenjarakan di Auschwitz dan diperlihatkan kepada para tawanan lainnya untuk membuat mereka takut melarikan diri.

Rahasia ini disimpannya rapat-rapat, bahkan isteri dan anak-anaknya tidak mengetahui hal ini. Ia juga tidak pernah membicarakan tentang anak-anak itu kepada siapapun … sampai akhirnya isterinya, Grete, secara tidak sengaja menemukan sebuah buku catatan di loteng 50 tahun kemudian.

Pada waktu ia membukanya, ia kaget karena melihat begitu banyaknya foto anak-anak. Di situ juga tertulis nama dan foto anak-anak yang telah diselamatkan Winton. dan juga ada keterangan lengkap di mana saja anak-anak itu dititipkan.

Isterinya memberikan buku catatan itu kepada seorang jurnalis dan Winton diundang sebuah program TV … tapi ia tidak mengetahui bahwa semua orang yang jadi penonton di acara itu adalah anak-anak yang telah ia selamatkan.

Sekarang setelah mereka dewasa, mereka datang untuk mengucapkan terima kasih secara pribadi kepadanya.

Nicholas Winton meninggal pada tahun 2015 di usia 106 tahun.

Silahkan baca artikel lainnya di sini.

Kasih Komentar kamu di sini