Permainan yang Bisa Mengasah dan Meningkatkan Kecerdasaan Otak Anda

Permainan yang Bisa Mengasah dan Meningkatkan Kecerdasaan Otak Anda
Permainan yang Bisa Mengasah dan Meningkatkan Kecerdasaan Otak Anda

Percaya atau tidak, mahasiswa yang rajin belajar dan diimbangi dengan sering bermain umumnya meraih nilai akademik relatif baik. Itu terjadi karena kapasitas otaknya jadi lebih terbuka, siap menyerap materi baru, dan terlatih melakukan analisis sintesis dalam mencari solusi. Itu sebabnya ada banyak permainan yang bisa mengasah dan meningkatkan kecerdasaan otak Anda yang bisa Anda mainkan.

Inilah beberapa permainan yang bisa mengasah dan meningkatkan kecerdasaan otak Anda:

Rubik’s Cube
permainan yang bisa mengasah dan meningkatkan kecerdasaan otak AndaPermainan kubus ini gampang-gampang susah. Kamu harus menyamakan warna di keenam sisi kubus ini dengan merotasi bagiannya. serunya main benda ini adalah kamu merekam berapa waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya.

Untuk kolektif: Jika Anda tidak bisa menemukan satu sisi dengan warna yang sama, Anda bisa meminta teman Anda menyelesaikannya, dan selanjutnya. Atau bisa saja Anda dan teman-teman Anda berlomba menyelesaikan kubus.

Permainan ini berguna untuk rekreasi dan stimulasi otak, serta melatih Anda memecahkan masalah di kehidupan nyata.

Sudoku
Permainan puzzle asal Jepang ini sederhana, terdiri dari kotak besar, 9 x 9, dan di dalanya dibagi lagi menjadi 3 x 3. Untuk memulainya, tulis secara acak angka 1-9 di beberapa kotak. Tugas pengisinya adalah menempatkan angkat 1-9 di dalam kotak-kotak kosong sehingga semua lanjurnya terisi angka yang berbeda.

Menurut penelitian University of Florida, bermain sudoku dapat meningkatkan kemampuan kognitif (mengetahui dan mengingat), logika (berpikir cepat), motorik (koordinasi anggota tubuh), serta kreativitas.

Catur
permainan yang bisa mengasah dan meningkatkan kecerdasaan otak AndaPermainan ini tidak identik dengan cowok atau ronda malam lho. Cewek pun bisa mengambil manfaat dari permainan yang dirancang untuk mengasah kemampuan berstrategi sekaligus menggali sisi kompetitif Anda.

Paling cocok dimainkan kalau jeda kuliah cukup panjang. kalau waktunya singkat, kamu bisa mengubahnya menjadi “Catur Jawa,” di mana setiap pion bergerak satu langkah atau melompati satu pion lain (mirip halma).

Scrabble
Scrabble berguna untuk mengasah dan menambah kosa kata berbahasa Inggris. Dimainkan oleh 2 sampai 4 orang yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris).

Kata-kata tersebut boleh disusun mendatar atau menurun seperti teka-teki silang. Setiap huruf memiliki nilai tertentu tergantung pada frekuensi kemunculan huruf tersebut.

Huruf E atau O hanya bernilai 1 poin, sedangkan huruf Q dan Z bernilai 10 poin. Pemain yang mengumpulkan total poin tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.

Main scrabble dapat melatih daya ingat, berpikir tepat dan teratur, serta menghasilkan ide kreatif. Selain itu, kreativitas dan rasa kekompakan akan muncul karena permainan ini melibatkan lebh dari satu pemain.

UNO
UNO adalah permainan kartu yang terdiri dari 4 kelompok kartu berwarna merah, kuning, hijau, dan biru. masing-masing bertuliskan angka 1 hingga 9 dan karu Skip, Reverse, dan Draw Two. Selain keempat kelompok kartu tersebut, ada juga 2 kartu Wild.

Pemenang permainan ini adalah yang berhasil membuang semua kartunya dan berteriak UNO jika ditangannya tersisa 1 kartu lagi.

Permainan ini cocok Anda mainkan bersama teman-teman sambil menunggu pergantian jam mata kuliah. Dalam bermain Uno, strategi kamu diuji untuk segera menghabiskan kartu yang ada di tangan dengan cepat dan tepat.

Tidak hanya itu, permainan ini juga melatih daya ingatmu dan kemampuan mata untuk menangkap bentuk dan warna obyek.

Juggling
Tidak sekadar melatih keterampilan melempar-lemparkan benda ke udara, lho. Kegiatan yang murah meriah ini (kamu bisa melempar-lemparkan batu, apel, permen, lipstik, dan sebagainya) punya dampak rereasional, kesehatan, bahkan hipnotis.

Selain melatih otak dalam gerak refleks, juggling dapat dengan drastis mengurangi stres dan efeknya seperti meditasi berkat pola dan ritme lemparan yang teratur dan berulang.

Itulah permainan yang bisa mengasah dan meningkatkan kecerdasaan otak Anda yang dapat Anda praktekkan. Semoga bermanfaat bagi otak Anda.

Simak juga: Kamera DSLR Terbaik Untuk Pemula yang Menghasilkan Gambar Bagus.

Kasih Komentar kamu di sini