Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari: Collocations dengan PLAN dan HOPE

Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari: Collocations dengan PLAN dan HOPE
Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari: Collocations dengan PLAN dan HOPE

Banyak dari kita memiliki harapan (hope) dan rencana (plan) untuk apa yang ingin kita capai di tahun baru! Hari ini saya akan mengajarkan Anda 50 collocations umum dengan kata-kata ini – collocations adalah kombinasi/gabungan kata-kata yang sering digunakan bersama. Inilah percakapan Bahasa Inggris sehari-hari: Collocations dengan PLAN dan HOPE yang dapat Anda gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Collocations dengan PLAN

Untuk menggambarkan rencana (plan) yang besar, kita dapat menyebutnya ambitious, grand, or grandiose plans (rencana ambisius, agung, atau muluk-muluk). Rencana dapat bersifat jangka pendek (di masa depan yang lebih cepat) atau jangka panjang (di masa depan).

Jika suatu rencana lebih pasti, Anda dapat menggambarkannya sebagai firm/definite plan (rencana pasti). Jika tidak terlalu pasti / terperinci, Anda dapat menggambarkannya sebagai a vague plan (rencana yang tidak jelas).

Rencana yang sangat cerdas bisa disebut brilliant/ingenious plan (rencana yang brilian/cerdik). Di sisi lain, jika tidak ada cukup pemikiran yang masuk akal di balik suatu rencana, Anda dapat menyebutnya an ill-advised plan (rencana yang keliru).

Adalah baik untuk rencana menjadi feasible/realistic plan (rencana yang layak/realistis) – ini berarti mereka cocok dengan kenyataan dan cenderung berhasil. Yang sebaliknya adalah impractical/unrealistic plan (rencana yang tidak praktis/tidak realistis), yang mungkin tidak akan berhasil karena tidak mempertimbangkan fakta nyata.

Kita biasanya menggunakan kata kerja “make” dengan rencana, tetapi Anda juga dapat come up with a plan (memunculkan rencana). Dalam bahasa Inggris yang lebih formal, kita dapat mengatakan develop/formulate a plan (membuat/merumuskan rencana). Ketika Anda mengungkapkan rencana tersebut kepada orang lain, ini disebut announcing/unveiling the plan (mengumumkan/memberitahukan rencana).

Ketika Anda menjalankan rencana itu, ini disebut implementing the plan [more informal] (melaksanakan rencana) atau going ahead with the plan (melanjutkan rencana) [lebih informal]. Jika Anda melanjutkan rencana, ini artinya sticking to the plan (terus melanjutkan rencana). Tetapi jika Anda berhenti mengikuti rencana, maka Anda abandon/scrap the plan (meninggalkan/membatalkan rencana).

Collocations dengan HOPE

Jika Anda sangat mengharapkan atau menginginkan sesuatu, Anda dapat mengatakan Anda memiliki high hopes (harapan besar) bahwa itu akan terjadi. Harapan yang sangat kecil bisa disebut faint/slight hope (harapan yang kecil). Kita juga dapat menggunakan ungkapan a flicker/glimmer/ray/spark of hope (secercah harapan) untuk menjelaskan segi positif dari harapan yang sangat kecil yang membuat kita sedikit lebih optimis.

Jika Anda memiliki harapan yang sangat tulus dan benar pada emosi Anda, Anda dapat mengatakan “I sincerely hope…” (“Saya dengan tulus berharap …”). Ketika ada hal-hal yang membuat kita berpikir bahwa apa yang kita harapkan akan terjadi, kita dapat menyebut hal-hal ini sebagai grounds/reason for hope (alasan untuk berharap). Tetapi jika sama sekali tidak ada kemungkinan harapan menjadi kenyataan, kita dapat mengatakan “There’s not a hope in hell” (“Sama sekali tidak ada harapan” bahwa itu akan terjadi.

Terkadang kita mengharapkan sesuatu dan mencari tanda-tanda bahwa itu mungkin terjadi, tetapi sayangnya itu mungkin tidak akan terjadi. Ini bisa disebut a vain/false hope (harapan yang sia-sia). Terkadang kita terus berharap bahkan setelah waktu yang lama berlalu, atau meskipun banyak hal yang bertentangan dengan keinginan kita. Harapan yang bertahan dari waktu ke waktu disebut a lingering hope (harapan yang bertahan lama). Kita juga bisa mengatakan bahwa seseorang clinging to hope (berpegang teguh pada harapan) atau keeping hope alive (menjaga harapan tetap hidup) jika mereka bersikeras untuk terus percaya.

Ketika ada sesuatu yang negatif atau hambatan yang menempatkan harapan kita dalam bahaya, itu bisa membahayakan harapan. Terkadang hal-hal ini dapat menghancurkan harapan sepenuhnya – ini disebut dashing/shattering hope (harapan yang hancur). Dalam situasi ini, seseorang mungkin abandon/give up/lose hope (meninggalkan/menyerah/kehilangan harapan, yang berarti mereka berhenti berharap.

Tetapi jika sesuatu yang positif terjadi yang menyebabkan harapan Anda meningkat atau kembali, itu revives/renews hope (harapan yang dihidupkan/dibangkitkan kembali).

Demikianlah percakapan Bahasa Inggris sehari-hari: Collocations dengan PLAN dan HOPE yang dapat Anda gunakan dalam percakapan sehari-hari.

Bagi kamu-kamu yang pemula dan ingin bisa percakapan bahasa Inggris, bisa klik di https://tinyurl.com/Conversationbeginner. Untuk yang Level Elementary bisa klik di https://tinyurl.com/Conversationelementary. Untuk yang Level Intermediate bisa klik di https://tinyurl.com/Conversationintermediate

Baca juga: Expressions of Sympathy and Offering Condolences.

Kasih Komentar kamu di sini