Penyebab dan cara Mengatasi Gangguan Mata Silau saat berkendara malam

penyebab dan cara mengatasi gangguan mata silau saat berkendara malam

Berkendara di malam hari tidaklah menjadi masalah asal saja mata kita bisa melihat dengan jelas. Tapi terkadang ada sinar-sinar yang terpancar dari mobil-mobil di depan kita yang membuat mata kita silau. Inilah penyebab dan cara mengatasi gangguan mata silau saat berkendara malam

Gangguan Mata Silau (Rabun Silau) adalah masalah yang dihadapi oleh kebanyakan orang di seluruh dunia. Tidak hanya menyulitkan penglihatan secara normal, rabun silau sering sekali mengganggu orang yang berkendara terutama saat malam hari.

Ada banyak faktor yang menyebabkan mata silau. Kebanyakan gangguan mata silau bersumber dari astigmatism sedangkan faktor lainnya berasal dari penggunaan Lampu kendaraan yang salah .

Astigmatism berhubungan dengan penglihatan kabur pada semua jarak yang disebabkan oleh kerumitan kornea atau lensa tidak merata. Bila kondisi ini terjadi, ini akan menyebabkan orang tersebut melihat gambar yang tidak jelas dan pecah-pecah terutama cahaya pada malam hari.

Astigmatism yang hanya sedikit atau kurang dari 0.50D biasanya tidak mengganggu penglihatan. Tetapi, jika lebih, dapat menyebabkan sakit kepala, mata lelah dan silau yang kronis.

Faktor selanjutnya adalah Penggunaan lampu kendaraan yang salah saat anda sedang berkendara pada malam hari yang minim dengan penerangan jalan. Lampu utama atau lampu kepala pada kendaraan berfungsi untuk menerangi pengemudi saat berjalan pada kondisi gelap dan juga lampu utama berfungsi sebagai tanda ke pengemudi lain yang ada di depannya.

Tanpa adanya lampu pada kendaraan bisa menyebabkan kecelakaan tentunya, tapi lampu kendaraan yang penggunaannya salah dan berakibat silau cahaya juga dapat menyebabkan kecelakaan.

Lampu utama memiliki 2 fokus yaitu untuk lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat di mana pengaturan penyorotan lampu utama ini harus diatur dan disetel sesuai dengan standar.

Jika penyetelan sorotan lampu ini salah maka akan menyebabkan masalah baik kepada diri anda sendiri maupun ke pengemudi lain.

Saat penyetelan untuk lampu jauh, titik fokusnya dibuat lebih jauh maka akan menimbulkan dampak ke pengendara lain yang lawan arah di depannya karena sorotan dari lampu ini dapat membuat pengendara lain menjadi silau cahaya. Karena pengendara menjadi silau cahaya maka pandangan akan menjadi kurang jelas sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.

Oleh karena itu selalu perhatikan sorotan lampu anda. Seandainya saja anda yang terkena sorotan lampu utama dari pengendara lain maka lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Jika anda terkena sorotan lampu utama maka sebaiknya anda tidak langsung mengerem mendadak karena terkejut, karena bila anda melakukan pengereman mendadak bisa membuat kendaraan di belakang anda kaget dan bisa jadi pengendara belakang anda malah menabrak anda.
  • Jika anda terkena sorotan lampu utama maka lakukan pengereman secara perlahan.
  • Jika anda terkena sorotan lampu utama maka buanglah penglihatan anda dari sorotan lampu (berpaling dari sorotan lampu). Hal ini dilakukan untuk mencegah mata anda silau karena terkena sorotan, tetapi ketika berpaling dari sorotan lampu usahakan kendaraan anda tetap melaju pada jalur yang benar.

Demikianlah penyebab dan cara mengatasi gangguan mata silau saat berkendara malam. Semoga bermanfaat bagi Anda yang suka berkendara di malam hari.

Silahkan baca juga artikel lainnya di sini.

Kasih Komentar kamu di sini