Menikmati Wedang Uwuh Minuman Sampah yang Menyehatkan dari Yogyakarta

Menikmati Wedang Uwuh Minuman Sampah yang Menyehatkan dari Yogyakarta
Menikmati Wedang Uwuh Minuman Sampah yang Menyehatkan dari Yogyakarta

Pernahkah Anda mendengar minuman wedang uwuh? Wedang uwuh adalah minuman tradisional khas Yogyakarta. Minuman berwarna merah dan sedikit pedas ini termasuk minuman jenis jamu yang menyehatkan. Anda bisa menikmati Wedang Uwuh minuman sampah yang menyehatkan dari Yogyakarta ini dan merasakan manfaatnya yang ternyata banyak sekali lho.

Dalam bahasa Jawa, kata wedang artinya adalah minuman dan uwuh adalah sampah, mengapa dikatakan sampah? Karena Wedang uwuh berisi banyak rempah dan dilihat sekilas mirip minuman dengan isi berbagai macam sampah.

Beberapa rempah-rempah di dalamnya adalah jahe, kayu secang, kayu manis, cengkeh, pala, akar sereh, daun sereh, dan gula batu.

Dilihat dari bahan-bahannya, maka tidaklah mengherankan bila wedang uwuh sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dari mulai jahe, rimpang yang satu ini lebih dari sekadar bumbu dapur. Jahe sudah dikenal manjur mengusir berbagai keluhan. Sifatnya yang panas bermanfaat sebagai penghangat.

Bahkan menurut penelitian, jahe sudah terbukti sangat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Sifatnya yang antikoagulan (anti pembekuan darah) lebih hebat dari bawang merah atau bawang putih.

Jahe juga bermanfaat menurunkan tingkat kolesterol karena bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam hati dan darah. Para peneliti di Jepang membuktikan bahwa jahe dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara mengulangi laju aliran darah perifer (aliran darah tepi)

Menurut para herbalis, kayu manis memiliki sifat antioksidan. Dan ketika dicampur dengan jahe, dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena kadar antioksidannya tinggi. Selain itu, kayu manis membuat rasa wedang uwuh menjadi lebih enak.

Pada zaman dahulu, wedang uwuh digunakan untuk minuman para raja yang sedang melakukan meditasi di atas gunung karena meditasi di atas gunung sangat dingin dan membuat tubuh masuk angin. Seorang raja dari Mataram membuat minuman untuk menghangatkan badan dari dinginnya cuaca di gunung.

Tidak hanya menghangatkan badan, rempah-rempah yang ada pada wedang uwuh juga mempunyai banyak manfaat seperti menghilangkan rasa kembung, mual, batuk, sakit kepala, masuk angin dan masih banyak lagi.

Sampai sekarang, Wedang uwuh masih menjadi minuman favorit raja dan masyarakat Yogyakarta. Saat ini Wedang uwuh sudah banyak dijual di pasaran dan tersedia kemasan instannya, jadi tinggal dicelup saja.

Menikmati Wedang Uwuh minuman sampah yang menyehatkan dari Yogyakarta

Jika ingin membuat sendiri, Anda bisa mengikuti panduan ini:
Pertama, tuang air dalam panci. Masukkan jahe, cengkeh atau batang cengkeh, daun cengkeh, kayu manis, daun pala, serutan kayu secang, jahe, dan gula batu. Tunggu sampai 10 menit, angkat dan saring (bisa juga dihidangkan tanpa disaring). Tuang ke dalam gelas, lalu hidangkan hangat. Mudah bukan.

Sekarang Anda dapat menikmati wedang uwuh minuman sampah yang menyehatkan dari Yogyakarta tanpa harus membeli. Lebih murah dan tidak lupa juga, lebih alami, jadi lebih menyehatkan.

Baca juga: Langkah Memeriksa Payudara Sendiri Untuk Deteksi Dini Kanker Payudara.

Kasih Komentar kamu di sini