Mengenal Buah Kepel Khas Keraton yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Mengenal Buah Kepel Khas Keraton yang Bermanfaat bagi Kesehatan
Mengenal Buah Kepel Khas Keraton yang Bermanfaat bagi Kesehatan

Mungkin sebagian besar dari kita asing dengan nama buah yang satu ini. Buah kepel adalah buah yang di zaman dulu dianggap sebagai tanaman kalangan ningrat Jawa, sehingga di masa lalu lebih banyak ditanam di pemukiman kalangan keluarga raja. Itu pula sebabnya banyak dari masyarakat awam masih asing dengan buah kepel yang sekilas mirip dengan sawo ini. Melalui artikel ini Anda bisa mengenal buah kepel khas keraton yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tanaman kepel sendiri adalah jenis tanaman berkayu dengan batang pohon yang tinggi menjulang. Daunnya menyirip sedikit lebar memanjang, hampir serupa dengan ukuran daun tanaman Noni (Mengkudu). Bentuk pohonnya berbatang tunggal serupa dengan pohon cemara.

Buahnya sangat unik, sekilas mirip dengan buah sawo, namun bagian dalamnya sangat berbeda dengan sawo. Daging buahnya relatif sangat tipis, melapisi bijinya yang hitam kecoklatan besar. Dagingnya lembut dan memiliki aroma harum yang khas. Biasanya buah kepel tumbuh bergerombol pada batang utama pohon di sisi bagian bawah sehingga sangat mudah dijangkau.

Yang menarik lainnya adalah, ternyata buah kepel banyak manfaatnya dan bagus untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dan senyawa essensial yang berlimpah di dalam buah berbiji besar ini menjadikan buah ini sejak zaman dulu sudah lazim dikenal sebagai pengobatan tradisional.

Kalau kalian tertarik ingin merasakan dan mencoba buah kepel, mungkin perlu upaya cukup besar karena buah ini masih jarang ditemukan. namun buah kepel bisa lebih mudah ditemukan di daerah Yogyakarta dan sekitarnya.

Berikut manfaat buah kepel:
1. Hepaprotektif, membantu melakukan regenerasi sel terhadap hati yang mengalami kerusakan.
2. Untuk mengatasi penurunan fungsi ginjal, dalam buah kepel ditemukan adanya kemampuan diuretik untuk membantu melancarkan kencing dan meluruhkan endapan dalam ginjal.
3. Khasiat mengatasi bau badan dan bau mulut, sebagai anti bakteri yang kuat melawan pembentukan amonia yang berasal dari reaksi keringat dan bakteri serta jamur.
4. Bekerja sebagai anti kanker, adanya kandungan acetogenin, styryl lactons, dan isoflavon yang akan bekerja sebagai anti kanker.
5. Sebagai obat asam urat, kandungan alkaloidnya yang tinggi efektif mengatasi asam urat yang menjadi penyebab rasa nyeri dan kerusakan sendi.
6. Mempercepat proses regenerasi sel, kandungan vitamin E dalam daging buah kepel membantu regenerasi sel. Itu sebabnya di masa lalu, Putri Keraton sering mengonsumsi buah kepel untuk membantu mengatasi jerawat sekaligus menghilangkan sisa bekas luka jerawat.

Demikianlah sekilas mengenal buah kepel khas keraton yang bermanfaat bagi kesehatan. Semoga artikel ini dapat berguna bagi Anda yang membacanya.

Jangan lewatkan juga: Menikmati Wedang Uwuh Minuman Sampah yang Menyehatkan dari Yogyakarta.

Kasih Komentar kamu di sini