Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Semangka merupakan salah satu buah yang dapat dengan mudah kita peroleh di Indonesia. Buah ini bisa ditemukan sepanjang musim namun, biasanya akan sangat manis saat musim kemarau. Jenis asli buah semangka memiliki warna merah dan biji kecil pada bagian dalam dagingnya. Ada banyak manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh manusia yang belum banyak orang ketahui.

Semangka mengandung air dan memiliki rasa yang sangat manis. Buah ini kaya akan gizi – termasuk vitamin A dan C, vitamin B, dan kalium – tapi yang paling penting adalah lycopene, pigmen antioksidan yang memberi warna merah tua kepada buah ini.

Beberapa kajian menunjukkan bahwa lycopene bisa memiliki manfaat kardiovaskuler, termasuk mengurangi risiko stroke, dan sedikit menurunkan tekanan darah.

Kita bisa mendapatkan lycopene dari tomat, terutama tomat yang dimasak dan dikukus, tapi dalam keadaan segar, tidak ada yang lebih baik daripada semangka.

Semangka merah memiliki lebih banyak lycopene dibvandingkan varietas semangka lain, dan semangka tanpa biji cenderung mengandung lebih banyak lagi.

Lycopene dari semangka juga lebihmudah diserap ke dalam tubuh. dalam sebuah kajian kecil, periset memberi lycopene dari jus tomat dan jus semangka kepada relawan; jus tomat telah diolah dengan pemanasan untuk mempermudah penyerapan. kelompok-kelompok relawan ini memiliki kadar lycopene yang setara di dalam darahnya.

Meski kandungan serat dari semangka tidaklah sebanyak buah dan sayuran lain, ia bebas lemak, mengandung banyak air dan rendah kalori – sekitar 45 kalori dalam porsi satu cangkir.

Banyak orang mencemaskan kandungan gula dalam semangka, tapi itu pemahaman yang agak keliaru karena kandungan gulanya sebenarnya lebih rendah dibandingkan buah lain.

Jika satu cangkir irisan semangka mengandung sekitar 9 gram gula, pisang ukuran sedang akan mengandung 14-15 gram gula, begitu pula satu cangkir jus blueberry.

Semangka dianggap memiliki indeks glikemik yang tinggi – ukuran dari kemampuan makanan untuk menaikkan kadar gula darah. Padahal sebenarnya kandungan airnya yang tinggi memberinya beban glikemik yang rendah, artinya tidak menaikkan kadar gula darah dengan cepat dalam jumlah normalnya dimakan.

Demikianlah manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh manusia. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Anemia Pada Wanita Usia Subur.

Kasih Komentar kamu di sini