Khasiat dan Manfaat Buah Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Khasiat dan Manfaat Buah Untuk Kecantikan dan Kesehatan
Khasiat dan Manfaat Buah Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Khasiat bunga, tanaman, buah-buahan serta sayuran telah diketahui oleh nenek moyang kita sejak dulu. Pemanfaatannya telah dikembangkan melalui uji coba selama berabad-abad. Jadi sebenarnya banyak sekali khasiat dan manfaat buah untuk kecantikan dan kesehatan yang dapat kita rasakan manfaatnya.

Para produsen kosmetik modern menyadari hal ini dan telah memanfaatkannya dalam produk-produk mereka. Sayangnya, produk-produk ini memakai pengawet kimiawi untuk memperpanjang masa kadaluarsanya. Bahan kimia ini mengurangi khasiat bahan-bahan alami.

Jadi, daripada memakai kosmetik yang sudah sangat berkurang zat aktifnya, mengapa tidak memanfaatkan bahan alaminya saja? Rasakanlah khasiat dan manfaat buah untuk kecantikan dan kesehatan di bawah ini:

Melembabkan kulit dengan pisang
Kulit kering membuat wajah tidak segar. Untuk mengembalikannya, ambil pisang yang matang dan tidak cacat (pisang apa saja boleh).

Campur 1 sdm pisang yang dihaluskan dengan 1 sdt madu. Ratakan pada wajah yang sudah dibersihkan. Jauhi daerah mata.

Rileks sambil berbaring selama 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat. Pisang membantu menyehatkan kulit, karena sarat dengan vitamin dan mineral.

Wajah berjerawat, gunakan pepaya
Jerawat di wajah bisa dikurangi dengan 2 sdt pepaya yang sudah dilumatkan ditambah 1 sdt yogurt polos.

Tempelkan pada wajah dan leher. Jangan oleskan pada daerah mata dan bibir. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Enzim pepaya terkenal khasiatnya untuk kulit. Gunakan pepaya muda yang enzimnya lebih banyak. Hati-hati kulit sensitif karena enzim pepaya bisa menimbulkan iritasi.

Memperbaiki rambut rusak dengan alpukat
Terlalu sering dicat atau dikeriting membuat rambut rusak, rapuh, kering, dan kusam.

Haluskan daging 1/2 buah alpukat. Campur dengan 1 sdt air jeruk lemon. Ratakan pada rambut dan tutup dengan topi mandi.

Diamkan satu jam sebelum dikeramas dengan shampoo lembut.

Mata bengkak dikompres dengan mentimun
Mata bengkak karena tidur terlalu larut malam atau bekerja di komputer terlalu lama, terasa lelah.

Atasi dengan menempelkan sepotong tipis mentimun pada kedua mata Anda. Berbaringlah selama 15 menit, lalu bilas.

kulit mentimun kaya vitamin dan mineral, karena itu kulitnya jangan dikupas waktu memanfaatkannya.

Mengurangi keriput halus dengan pepaya
Kebiasaan jelek seperti merokok dan terlalu lama berada di bawah terik matahari bisa menimbulkan keriput.

Campur 1 sdm madu dan 125 ml pepaya yang dilumatkan. Oleskan ke wajah (hindari seputar mata). Berbaringlah selama 10 menit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih yang adem.

Zat asam dari buah pepaya membuang kulit ari yang mati dan mengurangi garis-garis halus di wajah, sedangkan madu bersifat melembabkan kulit.

Kulit berminyak dinetralisasi dengan jeruk lemon
Untuk mengurangi kelembab kulit berminyak, buat toning lotion dari 1 sdm air jeruk lemon ditambah 500 ml air destilasi.

Usapkan dengan kapas pada wajah yang sudah bersih. Lotion lemon ini dibuat saat akan digunakan, jangan disimpan agar tidak ditumbuhi bakteri.

Karena mengandung asam sitrat, lemon memperbaiki keseimbangan pada kulit. Dan karena kaya vitamin C, lemon juga mencegah infeksi.

Yang perlu diperhatikan, jangan memakainya jika Anda akan berada di bawah terik matahari. Dan jangan memakainya pada luka.

Rambut mekar dengan lemon
Rambut yang berminyak tampak lusuh dan tidak bisa mekar. Cobalah atasi dengan membilas rambut Anda yang telah dikeramas dengan jus dari 2 buah jeruk lemon yang dicampur dengan 1 liter air. Ulangi pembilasan sampai larutan air lemon habis.

Selain kaya vitamin C, air jeruk lemon mempunyai sifat antiseptik (anti bakteri) dari astringent (mengeringkan), sangat berguna untuk infeksi dan kulit berminyak.

Anti ketombe, gunakan apel
Anda punya masalah ketombe? Campur 2 sdm jus apel segar yang murni dengan 2 sdm air hangat. Lalu ratakan pada kulit kepala sambil dipijat.

Diamkan selama 10 menit, lalu bilas rambut dengan air. Lakukan 2-3 kali seminggu.

Enzim apel membuang kulit air yang mati dan mengenyahkan bakteri.

Melembutkan kulit mengeras dengan nenas dan alpukat
Kapalan pada kaki dan kutikula (bagian yang keras pada kuku) tangan merusak penampilan Anda.

Untuk melembutkannya, rendam tangan dan kaki selama 30 menit, dalam campuran 2 sdm jus nenas, 2 kuning telur kocok dan 1 sdm cuka apel. Lalu keringkan.

Kulit siku yang cenderung mengeras atau menebal, bisa juga dihaluskan dengan kulit alpukat bagian dalam, setelah itu bilas dengan air bersih.

Meremajakan kulit dengan kulit nenas
Kulit wajah bisa diremajakan dengan menempelkan bagian dalam kulit nenas pada wajah. Potong kulit nenas agar mudah ditempelkan pada wajah dan leher.

Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Olesi wajah dengan moisturizer.

Kandungan vitamin, mineral, dan enzim yang kaya mampu meremajakan sel kulit. Selain itu, nenas juga berguna sebagai pembersih.

Dengan mengetahui khasiat dan manfaat buah untuk kecantikan dan kesehatan, kita dapat memakai buah-buahan yang ada di rumah kita untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kita.

Lihat juga artikel lainnya: Tips Memasak Jagung yang Benar Supaya Manis dan Lezat.

Kasih Komentar kamu di sini