Kelebihan Menulis Tangan Dibanding Mengetik

Di zaman now ini, mengetik di keyboard merupakan hal yang dilakukan oleh kebanyakan orang-orang, dengan menggunakan bantuan perangkat seperti laptop atau komputer dan belakangan ini dengan pesatnya kemajuan teknologi, orang-orang dapat mengetik dengan menggunakan perangkat gadget seperti ponsel atau tablet yang juga dapat dikoneksikan dengan keyboard tambahan.

Kelebihan Menulis Tangan Dibanding Mengetik
Kelebihan Menulis Tangan Dibanding Mengetik

Para ilmuwan mempelajari bagaimana bahasa lisan dan tulisan berkaitan dengan perhatian dan apa yang disebut keterampilan “fungsi eksekutif.” Virginia Berninger, profesor psikologi pendidikan di University of Washington, mengatakan kajian ini menunjukkan bahwa menulis dengan tangan melibatkan benak, dan itu dapat membantu anak memberi perhatian kepada bahasa tulisan. Ada kelebihan menulis tangan dibanding mengetik.

Anak-anak yang tulisan tangannya bagus bisa mendapatkan nilai lebih baik karena pekerjaan mereka lebih menyenangkan untuk dibaca oleh guru, sedangkan yang mengalami kesulitan dengan penulisan mungkin menghabiskan terlalu banyak perhatian untuk menghasilkan huruf, dan oleh karenanya, isi tulisan tidak mendapat perhatian.

Kita menggunakan bagian-bagian gerakan dari otak, perencanaan dan pengendalian gerakan, tapi yang sangat penting adalah area otak di mana penglihatan dan bahasa bertemu, yaitu gyrus fusiform, di mana rangsangan penglihatan benar-benar menjadi tulisan huruf dan kata.

Pemindaian otak fungsional pada orang dewasa menunjukkan jejaring kerja otak yang khas, yang diaktifkan ketika mereka membaca dan ini meliputi area-area yang berkaitan dengan proses-proses gerakan (motorik). Ini menunjukkan bahwa proses kognitif dari membaca mungkin terkait dengan proses motorik dari pembentukan huruf.

Pemindaian otak pada anak-anak yang belum mengetahui cara menulis menunjukkan bahwa otak mereka tidak membedakan huruf; mereka merespons huruf dengan cara yang sanma seperti mereka merespons segitiga. Setelah diajari menulis, pola-pola aktivasi otak dalam merespons huruf menunjukkan peningkatan, termasuk gyrus fusiform, gyrus frontal inferior, dan area-area parietal posterior dari otak, yabng digunakan oleh orang dewasa untuk memproses tulisan.

Mengetik huruf tidak menghasilkan aktivasi otak yang sama. Kajian menunjukkan bahwa mahasiswa yang menulis di keyboard lebih kecil kemungkinannya untuk mengingat isi tulisannya dibandingkan jika mereka menulis dengan tangan. Itulah kelebihan menulis tangan dibanding mengetik.

Baca juga: Bisnis Internet Yang Terpercaya SB1M di Ampelgading Pemalang.

Kasih Komentar kamu di sini