Jenis dan Pengertian Asuransi Pengangkutan Barang Melalui Laut

Jenis dan Pengertian Asuransi Pengangkutan Barang Melalui Laut
Jenis dan Pengertian Asuransi Pengangkutan Barang Melalui Laut

Asuransi pengangkutan adalah produk asuransi yang memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan terhadap barang yang diangkut baik melalui darat, laut maupun udara. Artikel kali ini akan membahas jenis dan pengertian asuransi pengangkutan barang melalui laut.

Sudah nonton film Hollywood berjudul “Captain Phillips”? Sebuah kisah nyata dari Kapten Richard Phillips yang mengalami pembajakan tahun 2009 oleh perompak Somalia.

Kapal barang ini merupakan kapal Amerika pertama yang dibajak dalam dua ratus tahun. Kapal Maersk Alabama yang dikomandoi oleh Kapten Phillips sedang melakukan perjalanan menuju Mombasa, Kenya. Secara tiba-tiba kapal ini dikepung oleh sekelompok bandit.

Seluruh awal kapal Maersk Alabama berusaha menyelamatkan diri ke ‘secure room’ yaitu tempat yang telah disiapkan untuk insiden seperti ini.

Kapten Phillips selaku kapten kapal merasa harus bertanggung jawab akan segala hal terburuk yang akan menimpa awak kapalnya dan dirinya.

Ujung-ujungnya, Kapten Phillips dibawa ke dalam sekoci, sebagai tawanan yang harus ditebus – oleh pihak asuransi – sebesar US$ 10 juta.

Peristiwa yang menimpa kapal Maersk Alabama adalah salah satu contoh risiko yang harus dihadapi kapal pengangkut.

Masih banyak risiko-risiko lain yang mengancam beroperasinya kapal, baik saat bersadar di pelabuhan ataupun saat dalam perjalanan ke tempat tujuan.

Untuk itu sangat penting perusahaan mengasuransikan barang kirimannya dengan asuransi pengangkutan yang juga dikenal dengan asuransi marine cargo.

Bisa dikatakan asuransi marine carga adalah syarat wajib jika Anda ingin mengirim barang melalui jalur laut.

Saat ini cukup banyak asuransi yang menyediakan pelayanan asuransi pengangkutan, salah satunya adalah Asuransi Central Asia (ACA).

Asuransi Pengangkutan Muatan Laut (Marine Cargo Insurance) adalah asuransi yang memberikan proteksi atas barang yang diangkut via sarana angkatan laut terhadap risiko/bahaya laut maupun risiko/bahaya di atas laut seperti kapal tenggelam, karam, tabrakan, badai, topan, kebakaran, pencurian, termasuk pengorbanan/penyelamatan umum.

Adapun asuransi yang juga menyediakan jaminan tambahan seperti jaminan dari Gudang ke Gudang; jaminan bongkar muat; jaminan General Average losses dan General Average Contributions; jaminan perang, pemogokan, kerusuhan, dan huru-hara; jaminan pencurian, bajing loncat dan tidak terkirim.

Produk asuransi pengangkutan muatan laut memberikan jaminan penggantian biaya apabila tertanggung mengalami kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan pada kapal laut.

Jenis produk ini mengganti kerugian yang menimpa tertanggung sesuai dengan perluasan jaminan / proteksi dan premi yang disepakati oleh tertanggung dengan pihak asuransi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai jenis dan pengertian asuransi pengangkutan barang melalui laut. Semoga bermanfaat.

Bacalah artikel menarik lainnya: 5 Makanan Indonesia yang Mendunia Karena Kelezatannya.

Kasih Komentar kamu di sini