Jalan-jalan ke Museum Wayang Jakarta Barat

Jalan-jalan ke museum wayang Jakarta barat
Jalan-jalan ke Museum Wayang Jakarta Barat

Wayang adalah warisan budaya Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara. Bahkan ada orang bule yang sampai tinggal di Indonesia untuk belajar wayang. Kali ini kita jalan-jalan ke museum wayang Jakarta barat untuk mengenal museum tersebut.

Museum Wayang menempati bangunan yang dahulu kala diperuntukkan sebagai gereja yang berdiri sejak 1640. Namun sejak 22 Desember 1939 dijadikan museum dengan nama “Oude Bataviasche Museum” dan dikelola oleh Lembaga Kebudayaan Indonesia. Museum Wayang diresmikan oleh Bapak Ali Sadikin, yang saat itu menjabat Gubernur DI Jakarta ke-9.

Jalan-jalan ke museum wayang Jakarta barat

Museum ini memiliki berbagai fasilitas seperti Ruang Tata Pamer, Ruang 3D, ruang Pergelaran, Ruang Masterpiece, dan sebagainya. Berbagai macam wayang yang ada di seluruh Indonesia bahkan dari mancanegara dipamerkan di sini.

Untuk mempermudah pengunjung museum dalam mencari berbagai informasi tentang wayang, pihak pengelola juga menyediakan layar interaktif untuk mempermudah pengunjung museum dalam mencari berbagai informasi tentang wayang.

Ada wayang kulit Jawa tengah, wayang golek Jawa Barat, wayang kulit sasak dari Lombok, gamelan, Gundala-gundala dari Karo, ondel-ondel dari Betawi, boneka si Unyil, juga ada boneka dari Rusia serta boneka dari Polandia.

Koleksi wayang yang berasal dari berbagai daerah di tanah air diantaranya adalah dari Banyumas, Cirebon, Gedog, Kedu, Kaper, Kijang Kencana, Klitik, Madia Krucil, Ngabean, Sadat, Sasak, Suluh, Surakarta, Tejokusuman, Ukur, dan Wahyu. Ada pula koleksi topeng, gamelan, dokumen, peta dan foto-foto tua. Gubernur Jakarta Ali Sadikin meresmikan Museum Wayang pada 13 Agustus 1975. Museum Wayang Jakarta memiliki koleksi 4000 wayang dan boneka dari berbagai tempat di dalam dan luar negeri. Diantara koleksi wayang luar negeri adalah dari India, Belanda, Malaysia, Thailand, Suriname, Cina, Vietnam, dan Kolombia.

Jalan-jalan ke museum wayang Jakarta barat

Jalan-jalan ke museum wayang Jakarta barat

Semua koleksi ini dipamerkan mulai dari lantai satu sampai lantai dua, dalam bangunan yang bergaya Eropa klasik yang tetap mempertahankan keaslian ornamen kayu dan dinding batunya.

Pada jadwal tertentu di Museum Wayang diselenggarakan pergelaran wayang kulit, wayang orang, wayang golek serta praktik membuat wayang.

Jika kamu mau jalan-jalan ke museum wayang Jakarta Barat, alamatnya ada di Jalan Pintu Besar Utara No. 27, Jakarta Barat. Buka: Selasa-Minggu, Pk. 09.00-15.00.

Simak pula: Buru-buru, Pria ini Parkir Mobil Seenaknya, tapi saat balik, Hal mengerikan terjadi, OMG!!

Kasih Komentar kamu di sini