Gudeg Yogya dalam Kaleng Inovasi Terbaru Kuliner Indonesia

Gudeg Yogya dalam Kaleng Inovasi Terbaru Kuliner Indonesia
Gudeg Yogya dalam Kaleng Inovasi Terbaru Kuliner Indonesia

Gudeg, makanan khas Jawa ini merupakan salah satu makanan favorit. Siapa yang tidak mengenal gudeg? Masakan khas Yogya-Solo yang berbahan baku nangka muda, telur bebek, daging ayam, dan krecek (kulit sapi) ini memang disukai banyak orang. Tak heran kalau rasanya yang enak tidak hanya digemari oleh masyarakat Indonesia saja, bahkan turis mancanegara pun menyukainya. Sekarang bahkan ada gudeg Yogya dalam Kaleng inovasi terbaru Kuliner Indonesia sehingga jika kamu mau makan gudeg tidak perlu jauh-jauh lagi ke Yogya.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Yogyakarta, menemukan bagaimana caranya mengemas suatu bahan olahan (makanan) yang tadinya tidak tahan lama, dapat dikemas menjadi tahan lama, salah satunya adalah gudeg. Tentunya melalui kerja keras dan kerjasama dengan para pengusaha gudeg yang ada, mereka berinovasi dengan mengemas gudeg dalam kaleng.

Pengemasan gudeg kaleng tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, agar kualitas tetap terjaga dan rasa gudeg tetap sama. Saat bahan gudeg telah matang, bahan-bahan gudeg tadi dimasukkan ke dalam kaleng, gudeg akan kembali dikusus selama 15 menit. Setelah itu, kaleng akan dipress dan ditutup. Kemudian, semua kaleng akan masuk ke dalam mesin autoclave yang sudah diatur dengan suhu tertentu selama 30 menit untuk mematikan bakteri.

Proses belum berhenti, gudeg kalengan tersebut selanjutnya dimasukkan ke dalam cairan yang mengandung klorin untuk memastikan kondisi kemasan atau kaleng mengalami kerusakan atau tidak. Proses ini biasanya akan menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam, sebelum kemudian semua kemasan dimasukkan dalam ruangan steril. Di ruangan steril tersebut nantinya produk-produk dikarantina selama 2 minggu, sebelum akhirnya dinyatakan aman untuk dipasarkan.

Meskipun tanpa bahan pengawet dan MSG, gudeg kaleng tersevbut bisa tahan sampai setahun lho. Gudeg kalengan ini juga sudah dipasarkan sampai ke luar negeri, seperti di Belanda,
Timur Tengah, dan negara Eropa lainnya. Jadi kalau kalian ingin membawa oleh-oleh yang khas dari Jawa, gudeg kalengan bisa dijadikan salah satu pilihannya.

Itulah Gudeg Yogya dalam kaleng inovasi terbaru kuliner Indonesia yang dapat menambah pengalaman kuliner Anda. Semoga bermanfaat.

Baca pula: Mengenal Buah Kepel Khas Keraton yang Bermanfaat bagi Kesehatan.

Kasih Komentar kamu di sini