Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Artritis Secara Alami

Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Artritis Secara Alami
Gejala dan Cara Mencegah Penyakit Artritis Secara Alami

Artritis adalah kelainan pada sendi karena adanya peradangan di salah satu sendi atau lebih. Sendi adalah bagian tubuh di mana dua tulang yang tidak sama bersatu. Ia berperan untuk menggerakkan bagian tubuh yang dikaitkan oleh tulang. Artikel ini membahas gejala dan cara mencegah penyakit artritis secara alami. Simak dengan seksama.

Artritis memiliki 100 lebih jenisnya. Yang paling umum adalah osteoartritis (penyakit sendiri degeneratif) yang umumnya karena adanya infeksi pada sendiri atau luka berat pada sendi. Selain karena hal-hal tersebut, artritis bisa juga disebabkan karena faktor usia.

Bentuk artritis lainnya adalah psoriatik (psoriatic arthritis), artritis reumatoid (rheumatoid arthritis), artritis dan beberapa penyakit autoimun lainnya. Biasanya orang yang menderita artritis mengeluh mengalami nyeri sendi yang seringkali dirasakan. Ini disebabkan terjadinya peradangan di sekitar sendi, keausan pada sendi, ketegangan otot, kerusakan sendiri, atau kelelahan.

Gejala dan Tanda-tanda Artritis

Gejala-gejala yang umumnya terjadi adalah adanya rasa nyeri, kekakuan pada sendi, dan pembengkakan. Pada kasus yang seirus, gejalanya dapat menjadi lebih rumit termasuk, penurunan berat badan, kelelahan, pembengkakan kelenjar, pembengkakan pada sendi tangan dan pergelangan tangan, gangguan kesehatan pada ginjal, paru-paru, dan jantung.

Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit artritis:

Rutin berolahraga
Olahraga sangat baik untuk mencegah artritis karena itu memberikan rangsangan yang kuat pada tulang, otot, dan sendi. Olahraganya tidak perlu yang berat-berat, cukup jogging, jalan kaki, bersepeda, dan sebagainya.

Peregangan
Meregangkan tubuh akan mengencangkan otot dan dapat meningkatkan jangkauan jarak dari sendi Anda. Lakukan peregangan sebelum berolahraga, pastikan Anda sudah melakukan pemanasan dengan tujuan menghindari cedera, ketegangan otot, dan nyeri sendiri.

Makanan yang bernutrisi
tulang membutuhkan nutrisi yang cukup untuk tetap sehat dan kuat. Kalsium dan vitamin A dan E dapat membantu memperkuat tulang dan otot.

Makanan bernutrisi apa saja yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan sendi?

Susu & olahannya
Susu dan olahannnya seperti yogurt dan keju dapat memberikan sumber kalsium, magnesium, zinc, dan vitamin serta minaral yang diperlukan untuk pembentukan tulang dan menjaga kepadatan tulang. Susu yang rajin dikonsumsi sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

Menurut penelitian, buah beri mengandung resveratrol yang bermanfaat bagi persedian sekaligus mengurangi peradangan. Kandungan flavanoid di dalam buah beri terbukti telah melindungi sel endotel dari stres oksidatif dan mencegah peradangan.

Whole Grain
Whole grain adalah makanan yang digolongkan sebagai biji-bijian yang kaya akan serta. Itu mengandung choline dan betaine yang berfungsi untuk mencegah terjadinya inflamasi. Bahkan biji-bijian juga mengandung mineral tembaga yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Ikan
Ikan tuna adalah salah satu makanan yang mengandung asam lemak esensial yang baik bagi kesehatan. Asam lemak Omega-3 yang terkandung di dalamnya cukup untuk memenuhi kebutuhan lemak harian. Omega-3 juga dikenal sebagai kandungan yang baik untuk sendi, selain itu, dapat mengurangi peradangan sehingga mengurangi nyeri pada sendi. Asam lemak Omega-3 juga ada pada kacangan-kacangan seperti kacang kedelai dan almond.

Minum air yang cukup
Tulang rawan pada sendi kita dapat dibantu pembentukannya dan pelumasannya oleh air. Ini menjaga agar tulang yang satu tidak bergesekan dengan tulang lainnya. Minumlah air putih yang cukup sekitar 8 gelas perhari untuk mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh.

Menanggulangi Penyakit Arthritis
Mengubah gaya hidup seperti latihan fisik dan mengontrol berat badan, terapi fisik, dan diet juga memberikan peran penting untuk menanggulangi atritis atau radang sendi. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi Anda.

Nutrisi yang cukup juga harus dipastikan supaya tulang dan sendi mendapatkan gizi yang dibutuhkan untuk terjaga kesehatannya. Pastikan Anda makan makanan yang bergizi. Demikianlah gejala dan cara mencegah penyakit artritis secara alami, semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca juga artikel lainnya: Jonatan Christie Atlet Bulutangkis Indonesia Menembus Final Sea Games 2017.

Kasih Komentar kamu di sini