Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan Seseorang

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan Seseorang
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan Seseorang

Tak pelak lagi, olahraga banyak manfaatnya, misalnya membantu proses pertumbuhan dan tinggi badan. Contohnya adalah berenang. Dasarnya, semua jenis olahraga akan mempengaruhi semua sistem kerja tubuh, misalnya sistem kerja jantung, otot, hormon, dan saraf. Di artikel ini Anda bisa mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang.

Jika semua sistem kerja ini membentuk koordinasi yang baik, maka pengaruh terhadap pertumbuhan tulang dapat maksimal.

Ingin berolahraga karena mengharapkan badan bertambah tinggi sih boleh-boleh saja, tapi sebelumnya Anda harus tahu faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi badan seseorang.

1. Keturunan (genetika).
Faktor ini menjelaskan bahwa tinggi badan seseorang sebenarnya bisa diperkirakan, dengan cara mengetahui tinggi badan yang dimiliki oleh kedua orangtua.

2. Asupan gizi.
Gizi memegang peran penting dalam proses pertumbuhan seseorang. Dengan asupan gizi yang prima maka tinggi badannya bisa tercapai secara optimal. Dan ingat, bahwa pertumbuhan seorang anak terjadi pada dua tahun pertamanya dan akan menurun secara perlahan pada tahun-tahun berikutnya.

Tinggi badan seseorang mencapai puncaknya pada anak perempuan di kisaran usia 16,5 tahun. Sedangkan pada anak laki-laki pada usia 18 tahun. Jadi cukupi kebutuhan gizi anak Anda pada periode emas (periode pertumbuhan), yaitu pada dua tahun pertama.

3. Aktivitas fisik
Merupakan gerakan tubuh yang dilakukan otot-otot rangka yang gunanya untuk menghasilkan sejumlah energi.

Olahraga sesuai dengan usia
– Atletik (lari jarak jauh) – 10-12 tahun.
– Atletik (lompat jauh) – 12-14 tahun.
– Badminton – 10-12 tahun.
– Basket – 10-12 tahun.
– Bersepeda – 12-15 tahun.
– Sepak bola – 12-14 tahun.
– Judo – 8-10 tahun.
– Tenis meja – 8-9 tahun.
– Tenis lapangan – 7-8 tahun.
– Voli – 10-12 tahun.
– Senam – 6-8 tahun (perempuan), 7-9 tahun (laki-laki).
– Berenang – 7-8 tahun (perempuan), 7-8 tahun (laki-laki).

Berbagai rutinitas pekerjaan juga termasuk ‘pabrik’ penghasil energi. Misalnya berlari-lari dalam rumah, naik turun tangga, dll.

Makna olahraga
Sebaiknya Anda mengetahui apa beda aktivitas fisik dan olahraga. Olahraga adalah aktivitas fisik yang bersifat terukur, teratur, terencana, dan dilakukan secara berulang-ulang. Sedangkan aktivitas fisik, seperti yang dijelaskan di atas.

Tetapi Anda juga harus ingat, olahraga bukan faktor yang berdiri sendiri dalam menunjang pertumbuhan seseorang. Ada beberapa kebutuhan yang harus diperhatikan, yaitu:
– Fisik misalnya sandang, pangan, dan papan. Kebersihan, sanitasi, rekreasi, dan kesegaran jasmani jangan dilupakan.
– Emosi misalnya berupa jalinan kasih sayang yang erat dan selaras serta pemberian rasa aman pada anak.
– Stimulasi mental yang merupakan awal mula proses pembelajaran pada anak dalam periode empat tahun pertama yang berguna untuk perkembangan psikomotor.

Kapan sebaiknya dimulai?
Usia awal mulanya perkenalan terhadap olahraga juga berperan penting. Karena ternyata olahraga yang dimulai pada usia yang lebih awal justru akan menghambat pertumbuhan tulang.

Karena olahraga yang dilakukan terlalu awal apalagi yang bersifat high impact, akan mengakibatkan proses penutupan tulang terjadi lebih cepat.

Olahraga high impact banyak melibatkan benturan. Nah, jika benturan-benturan itu terjadi lebih awal pada tulang, maka penyerapan kalsium akan terganggu sehingga proses pertumbuhan tulang pun juga terhambat.

Serba seimbang
Diet sehat seimbang juga dapat membantu tubuh agar memperoleh vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan. Bila kebutuha itu tidak terpenuhi, maka proses pertumbuhan pun akan terhambat ditambah pula dengan gangguan kesehatan.

Beberapa vitamin dan mineral yang berperan aktif dalam proses pertumbuhan antara lain: vitamin A, B konmpleks, C, D, E, kalsium, fosfor, zat besi, dan zinc.

Untuk lebih cepat, praktis dan mudah Anda bisa memberikan minuman nutrisi Smart Detox produksi Synergy USA. Seluruh kandungan nutrisi penting untuk kesehatan, kecerdasan, dan pertumbuhan anak sudah terkandung dalam produk ini.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan Seseorang

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Badan Seseorang

Untuk pemesanan Anda dapat menghubungi langsung via WA 0815 883 2150 atau klik ORDER SEKARANG dan Anda akan langsung terhubung dengan customer service kami yang siap membantu Anda.

Yang harus dicamkan adalah keseimbangan, baik dalam hal berolahraga, maupun makanan bergizi, seperti halnya alam ini, dengan keseimbangan segala sesuatunya akan teratur dan selaras. Itulah kunci menuju sehat.

Demikianlah jika Anda ingin memastikan anak Anda bertambah tinggi, maka Anda perlu tahu faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang. Semoga berguna.

Baca juga: Tips Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Tetap Bugar.

Kasih Komentar kamu di sini