Efek dan fakta yang perlu Anda ketahui tentang Dumolid, obat penenang yang Menjerat Tora sudiro

Efek dan fakta yang perlu Anda ketahui tentang Dumolid, obat penenang yang Menjerat Tora sudiro

Dumolid, obat penenang yang sedang viral belakangan ini sejak tertangkapnya aktor Tora Sudiro dan Mieke Amalia, ternyata sangat mudah ditemukan secara online sehingga orang yang ingin membelinya mudah sekali seperti membeli air mineral di warung.

Itu sebabnya kita perlu mengetahui tentang obat penenang ini, inilah beberapa fakta tentang Dumolid:

1. Dipakai untuk para pasien insomnia yang sedang depresi.
Menurut dr. Andri SpKJ, psikiater Klinik Psikosomatik RS OMNI Alam sutera, Dumalid termasuk golongan benzodiazepine. Intinya nitrazepam atau Dumolid ini dipakai untuk pasien penderita insomnia yang mengalami depresi.

2. Membuat ketergantungan.
Penggunaan obat Dumolid tanpa resep dokter dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh, walaupun orang yang mengonsumsinya dapat memperoleh rasa nyaman dan tenang. Tapi ketika pemakaian dihentikan, orang tersebut akan mengalami kecemasan dan merasa panas dingin di sekujur tubuh.

3. Suka disalahgunakan pemakaiannya.
Memang memakai Dumolid bisa menimbulkan rasa nyaman dan tenang walaupun digunakan tidak sesuai resep dokter, tapi ini termasuk obat penenang ilegal.

“Efek awalnya menimbulkan rasa kantuk yang luar biasa tapi tidak sampai tertidur. Lalu kemudian orang tersebut merasa tenang, enak, dan nyaman,” kata dokter berkacamata ini.

4. Sudah jarang diresepkan dokter.
“Obat ini biasanya dari resep dokter tapi susah ditemukan sekarang dan jarang diberikan karena sudah tidak ada,” tambah dr. Andri.

Ia mengatakan, telah lebih dari tiga tahun Dumolid jarang didapatkan di rumah sakit dan apotek-apotek, tapi anehnya, obat psikotropika golongan IV ini gampang ditemukan di internet. Harga yang ditawarkan berkisar Rp. 130.000-150.000 per strip isi 10 tablet di beberapa website online.

Selain efek rasa nyaman dan tenang, orang yang mengonsumsi Dumolid akan merasa tambah percaya diri, tidak merasa lapar, dan santai. Tapi perlahan-lahan orang tersebut akan mulai terbiasa dan jadi sulit melepaskan diri dari pemakaian Dumolid.

Efek negatif lainnya adalah orang tersebut pola tidurnya akan mulai terganggu karena lambat-laun ia tidak bisa tidur nyenyak jika tidak mengonsumsi Dumolid. Pemakai akan merasa ngantuk tapi tidak bisa tidur.

Memang obat ini dipakai dokter untuk pasien insomnia, tapi pemakaian yang tidak sesuai indikasi akan mengakibatkan ketagihan dan ketergantungan.

Memang secara fisik, efeknya tidak membuat orang jadi kurus seperti pengguna putaw, heroin, ganja, sabu, atau ekstasi, tapi pada akhirnya pengguna akan menjadi susah tidur jika tidak memakannya dan akhirnya bisa menyebabkan depresi akibat kurang tidur.

Kasih Komentar kamu di sini