Cara Menghilangkan Noda Membandel Pada Pakaian Dengan Cepat

Cara menghilangkan noda membandel pada pakaian dengan cepat
Cara Menghilangkan Noda Membandel Pada Pakaian Dengan Cepat

Meski telah ekstra hati-hati, namun kadang tetap saja sulit untuk bisa menghindarkan “kecelakaan” saat memakai baju pesta favorit. Tak ayal, noda pun menempel. Bila upaya pencegahan tidak berhasil, sebaiknya Anda mengetahui cara mengatasi noda dengan tepat. Beda jenis noda, beda pula penanganannya. Inilah cara menghilangkan noda membandel pada pakaian dengan cepat yang dapat Anda praktekkan untuk menghilangkan noda pada pakaian Anda.

Berikut adalah beberapa petunjuk untuk mengatasi noda yang menempel pada busana:

Darah
Bersihkan noda darah yang mengering dengan menggunakan air garam dingin. Rencam pakaian dalam air hangat yang diberi deterjen selama 15 menit atau sampai noda terangkat.

Permen Karet
Letakkan pakaian ke dalam kantung plastik dan taruh di lemari pembeku selama satu jam. Angkat permen karet, lalu gunakan pelarut berminyak (bisa sabun untuk keperluan rumah tangga) untuk mengangkat sisa permen. Cuci seperti biasa.

Coklat
Bersihkan noda coklat dengan mengoleskan cairan pra-cuci yang mengandung enzim. Gosok dengan deterjen lalu cuci pakaian seperti biasa.

Kopi dan Teh
Gunakan cairan pra-perawatan khusus pengangkat noda. Gosok noda dengan deterjen cair lalu cuci menggunakan temperatur terpanas yang diperbolehkan untuk busana. Hindarkan penggunaan sabun karena dapat membuat noda menjadi permanen.

Kari
Tangani noda secepatnya dengan pembersih yang mengandung pemutih. Jika tidak cepat diatasi, warna kari yang mengandung rempah dapat melekat permanen pada bahan.

Rumput
Bersihkan noda rumput dari pakaian dengan pasta gigi non-jel, lalu cuci seperti biasa.

Saus Tomat
Pertama, larutkan cairan pra-perawatan khusus noda, tunggu sampai beberapa menit sampai meresep ke dalam noda. Untuk noda, membandel, gosok dengan deterjen cair formula ekstra dan cuci segera. Jika noda tetap menempel, rendam pakaian ke dalam cairan pemutaih. Namun, langkah ini tidak dianjurkan untuk pakaian berwarna.

Lumpur
Biarkan lumpur mengering terlebih dahulu baru sikat nodanya hingga terangkat dari pakaian. Gosokkan irisan kentang (pada bagian yang dipotong) pada noda, lalu cuci seperti biasa.

Keringat
Keringat yang menempel pada bahan akan meninggalkan noda. Noda keringat yang mengandung aluminium chloride dari anti-perspirant juga bisa melemahkan serat bahan. Gosok noda secara ringan dengan deterjen, lalu cuci seperti biasa.

Untuk noda yang lebih sulit, gunakan produk perawatan pra-cuci selama 10 menit sampai 15 menit, kemudian cuci menggunakan pemutih untuk semua jenis bahan. Bila warna bahan telah berubah, coba tangani noda baru dengan amonia dan noda lama dengan cuka putih.

Noda Anggur
Cuci dengan deterjen pada temperatur terpanas. Hindarkan penggunaan sabun pada bahan yang terkena noda anggur.

Tips menangani noda

  • Tangani noda secepat mungkin, jangan ditunda hingga terlanjur meresap dalam serta bahan.
  • Bersihkan noda pada baju dengan mengorek perlahan-lahan noda yang sudah mengering. Anda juga dapat mengatasi masalah ini dengan menggunakan lap basah yang ditepuk-tepuk pada baju untuk menyerap noda cair. Hindarkan untuk menggosok noda.\
  • Bila menggunakan pembersih khusus noda, sebaiknya Anda melakukan pengetesan terlebih dulu. Lakukan pada area baju yang tersembunyi seperti lipatan bawah rok atau kemeja.
  • Jika setelah dicuci noda tidak seluruhnya terangkat, maka Anda dapat mencuci ulang selagi masih lembab. Tidak perlu menunggu baju kering terlebih dahulu karena akan membuat noda menjadi permanen.

Jika Anda pemakai mesin cuci dan ingin mengurangi pemakaian deterjen, Anda bisa menggunakan Clean Ballz (Bola Pencuci Pakaian) atau Laundry Ball. Ini sangat efektif membantu Anda yang memiliki usaha laundry atau ibu rumah tangga dan juga bagi Anda yang ingin mengurangi efek-efek dari penggunaan detergen yang terlalu sering.

Clean Ballz atau Laundry Ball ramah dengan lingkungan. Bisa digunakan kurang lebih 1000 kali pencucian untuk semua jenis bahan pakaian. Kapasitas 1 bola Clean Ballz adalah 8.5 kg pakaian. Membunuh bakteri dan jamur pada pakaian. Terdiri dari butiran keramik alam (butiran far, sinar infrared, ion negatif, alkali, penghilang chlor, antibiotik, dll) yang dirancang secara ilmiah menggantikan fungsi detergen. Pemesanan klik saja gambar di bawah ini.

Cara menghilangkan noda membandel pada pakaian dengan cepat

Cara menghilangkan noda membandel pada pakaian dengan cepat

Demikianlah cara menghilangkan noda membandel pada pakaian dengan cepat dan sekaligus tips untuk menangani noda pada pakaian Anda. Semoga dapat membantu Anda melenyapkan noda pada baju Anda.

Baca juga: 6 Cara Kreatif Mencari Kerja dengan cepat tanpa Tergantung Lowongan Kerja.

Kasih Komentar kamu di sini