Cara Mencegah dan Mengobati Hepatitis A Pada Anak Anda

cara mencegah dan mengobati hepatitis A pada anak Anda
cara mencegah dan mengobati hepatitis A pada anak Anda

Hepatitis A adalah penyakit radang hati yang disebabkan oleh virus dan dapat menimbulkan kerusakan hati. Penyakit ini ditularkan melalui jalur fekal-oral, kontak langsung dengan penderita, makanan dan minuman yang terkontaminasi virus hepatitis A serta penularan melalui transfusi darah. Artikel ini membahas cara mencegah dan mengobati hepatitis A pada anak Anda.

Penyakit dengan masa inbusi rata-rata 28 hari ini memiliki gejala antara lain:

  • Kuning
  • Demam
  • Kelelahan
  • Hilang nafsu makan
  • Mual
  • Nyeri perut
  • Air seni (urin) berwarna gelap

Mengapa hepatitis A berbahaya?

  • Indonesia merupakan daerah virus endemis hepatitis A dan anak usia >= 2 tahun adalah salah satu populasi berisiko tinggi tertular dengan mudah.
  • Pada 70% kasus hepatitis A pada anak-anak di bawah usia 6 tahun, infeksi virus umumnya tanpa gejala sehingga anak-anak menjadi sumber penularan virus hepatitis A.
  • Jika gejala-gejala muncul, biasanya berkisar 2 sampai 6 minggu setelah terkena. Gejala biasanya berlangsung kurang dari 2 bulan, meskipun beberapa orang dapat sakit selama 6 bulan.
  • Pada 10-15% penderita hepatitis A dapat mengalami bejala berkelanjutan (prolonged) dan kekambuhan (relapsing) dalam waktu 6 bulan.
  • Beban penyakit hepatitis A bertambah seiring bertambahnya usia.
  • Perawatan penyakit hepatitis A menghabiskan biaya yang besar.

Perbedaan antara Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C
Hepatitis A, Hepatitis B, dan Hepatitis C adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang berbeda. Meskipun masing-masing penyakit menimbulkan gejala yang hampir sama, namun carap penularan penyakit dan efek pada hati (liver) dari masing-masing penyakit tersebut sangat berbeda. Hepatitis A timbul dengan infeksi akut dan tidak menyebabkan kronis.

Cara mengetahui apakah anak kita mengidap Hepatitis A
Dokter akan mendiagnosa anak Anda dengan mendiskusikan gejala dan mengambil sampel darah.

Perawatan Hepatitis A
Sebagian besar penderita Hepatitis A akan merasa sakit selama beberapa bulan sebelum akhirnya mereka akan sembuh. Beberapa bahkan perlu dirawat di rumah sakit. Penderita Hepatitis A disarankan untuk konsultasi dengan petugas kesehatan sebelum minum obat resep, suplemen, atau obat bebas karena dikuatirkan dapat merusak hati (liver).

Hepatitis A berpotensi Wabah
Insiden hepatitis A yang tinggi dapat terjadi di suatu grup tertentu yang dapat mempercepat perkembangan hepatitis A.

Perbaikan sanitasi dan higienitas akan mengurangi sirkulasi infeksi hepatitis a pada anak-anak, namun berdampak pada peningkatan jumlah remaja dan dewasa yang rentan akan infeksi hepatitis A sehingga berpotensi wabah.

Vaksinasi Hepatitis A memberikan perlindungan yang tinggi dan jangka panjang dan merupakan kontrol yang efektif dari wabah yang disebabkan virus hepatitis A.

Pencegahan Hepatitis A
Sering mencuci tangan dengan sabun dan air hangat setelah menggunakan kamar mandi, mengganti popok atau sebelum menyiapkan makanan dapat membantu mencegah penyebaran Hepatitis A.

Vaksin Hepatitis A sangat efektif dalam mencegagh infeksi virus Hepatitis A. Perlindungan dimulai sekitar 2 sampai 4 minggu setelah injeksi pertama. Injeksi kedua menghasilkan perlindungan jangka panjang.

Sebagai penjagaan terhadap anak Anda, cara mencegah dan mengobati hepatitis A pada anak Anda ini dapat Anda pelajari untuk melakukan pengecekan terhadap anak Anda.

Baca juga: Jual Maximum Protein Sebagai Suplemen Fitness untuk Pembentukan Otot.

Kasih Komentar kamu di sini