Cara Membuang Kecemasan Tidak produktif untuk Bebas dari Stres

Cara Membuang Kecemasan Tidak produktif untuk Bebas dari Stres
Cara Membuang Kecemasan Tidak produktif untuk Bebas dari Stres

Apakah sumber stres terbesar bagi manusia? Ternyata jawabannya adalah rasa cemas. Betul, rasa cemas memang dapat menjelma menjadi sejuta wujud yang tidak henti. Itulah sebabnya kita harus tahu cara membuang kecemasan tidak produktif untuk bebas dari stres.

Ketika lajang Anda cemas menjomblo, dan ketika memiliki pacar atau suami Anda cemas tentang kelanggengan hubungan. Ketika sekolah, Anda cemas tidak lulus dan ketika lulus, cemas tidak dapat kerja, dan ketika mendapat kerja, Anda cemas pekerjaan tersebut tidak sesuai atau gajinya kecil … dan masih banyak lagi jutaan kecemasan lainnya yang akan selalu muncul.

Tentu Anda tidak mau seperti itu terus-menerus. Jadi Anda perlu mengetahui cara menghentikan stres. Yang perlu diketahui, rasa cemas sendiri terbagi dua, yaitu cemas produktif (yang dapat dicegah) dan cemas yang tidak produktif (tidak dapat dicegah). Namun Anda sebenarnya bisa menghilangkan jenis cemas yang kedua.

Contohnya adalah ketika cemas, takut ketinggalan pesawat akan membuat anda datang lebih awal ke bandara (cemas produktif). Namun jika Anda cemas memikirkan apakah pesawat yang ditumpangi akan celaka, tentunya hal itu hanya sia-sia belaka (cemas tidak produktif).

Kebiasaan umum yang memicu stres dan menurunkan produktivitas adalah buruknya kualitas tidur. Kurang tidur dapat menjadi penyebab utama dalam meningkatkan aktivitas di area otak yang berkontribusi terhadap kekhawatiran yang berlebihan.

Penyebab umum kurang tidur, termasuk tidur pada waktu yang berbeda, tidak membuat tidur menjadi prioritas, dan banyak menghabiskan waktu luang pada ponsel atau laptop tepat sebelum tidur.

Milenial juga sering melewatkan waktu makan. Padahal makan secara konsisten tidak hanya mengatur metabolisme dan kadar insulin tapi juga stabilitas mental.

Menunggu terlalu lama untuk makan atau tidak sarapan dapat menyebabkan kadar gula darah tidak stabil. Ini dapat menyebabkan kegelisahan, termasuk pusing, bingung, dan sulit berbicara.

Dehidrasi memiliki efek yang sama. Karena makanan dan air adalah kebutuhan biologis, kegelisahan secara alami mengikuti rasa lapar dan haus.

Nah, Anda stres karena cemas, ketahui dulu apakah itu termasuk produktif atau tidak. Jika ada sesuatu yang dapat dilakukan, cemas tersebut termasuk produktif, sedangkan jika Anda tidak bisa melakukan apa-apa, maka cemas tersebut adalah cemas yang tidak produktif. Mulai sekarang buang jauh-jauh kecemasan yang tidak produktif tersebut! Praktekkan cara membuang kecemasan tidak produktif untuk bebas dari stres ini.

Baca juga: Jual Smart Detox di Denpasar Solusi Mencegah Osteoporosis dan Kanker Payudara.

Kasih Komentar kamu di sini