Pengertian Benua yang tidak semua orang tahu

Apa itu Benua?

Benua adalah bagian terbesar dari daratan di Bumi. Lihatlah sebuah bola dunia. Apa pun yang berwarna biru adalah air. Sebagian besar sisanya adalah daratan: benua.

Ada tujuh benua. Dari terbesar sampai yang terkecil, yaitu Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia.

Beberapa benua, seperti Australia dan Antartika, sepenuhnya dikelilingi oleh air. Dan beberapa benua tergabung bersama-sama, seperti Asia dan Eropa.

Benua itu seperti tubuh fisik, ditentukan oleh bentuk, ukuran, dan lokasi. Mereka memiliki gunung, sungai, padang gurun, hutan, dan fitur-fitur fisik lainnya. Namun manusia telah membagi mereka menjadi kelompok-kelompok politik, yang disebut “negara” atau “bangsa.”

Benua-benua besar, seperti Asia, memiliki negara kedua terbesar, seperti China, dan negara yang sangat kecil, seperti Nepal. Australia, benua terkecil, sendiri merupakan sebuah negara—salah satu negara terbesar di dunia.

Amerika Utara berisi tiga negara besar—Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko—dan beberapa negara kecil di dalam sebuah area yang dikenal sebagai Amerika Tengah.

Eropa, di lain pihak, adalah benua terkecil kedua di dunia, tapi memiliki sekitar 50 negara.

Afrika, benua terbesar kedua, diyakini adalah tempat manusia pertama muncul. Benua Antartika berdiri sendiri dan terletak di Kutub Selatan. Benua ini berbatu-batu dan ditutupi oleh es tebal yang tidak pernah mencair.Hanya beberapa tanaman dan hewan yang dapat ditemukan di sepanjang pesisir lautnya.

Para ilmuwan Bumi percaya bahwa benua-benua mulai terbentuk miliaran tahun yang lalu. Bagian yang lebih ringan dari inti cair bumi dipisahkan dari bagian yang lebih berat dan naik ke atas. Ketika mereka mendingin dan menjadi padat, daratan yang akan menjadi benua terbentuk.

Benua-benua itu mungkin tergabung bersama pada awalnya dan kemudian terpisah. Satu teori mengandaikan bahwa dulu ada dua “benua besar”: Gondwanaland di selatan dan Laurasia di utara.

Kasih Komentar kamu di sini