8 Tips Mudah Menjaga dan Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda

8 Tips Mudah Menjaga dan Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda.
8 Tips Mudah Menjaga dan Meningkatkan Daya Ingat Otak Anda.

Otak kita memiliki berat hanya 2% dari berat badan orang dewasa, yaitu 1kg. Walaupun demikian, otak merupakan organ yang paling utama, penting, kompleks, dan luar biasa canggih dibandingkan organ tubuh lainnya. Inilah 8 tips mudah menjaga dan meningkatkan daya ingat otak Anda yang dapat Anda praktekkan untuk menjaga daya ingat Anda.

Otak mengendalikan segala sesuatu yang kita lihat, katakan, rasakan, dan lakukan. Seluruh aktivitas tubuh manusia dikendalikan oleh sistem saraf pusat tersebut.

Seandainya jantung atau paru-paru berhenti bekerja selama beberapa menit, kita masih bisa bertahan hidup. Namun, jika otak kita berhenti bekerja selama satu detik saja, maka tubuh menjadi mati.

Itulah sebabnya otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh organ tubuh manusia lainnya.

Menurut Alzheimer’s Association, jumlah orang yang mengalami Alzheimer dan gangguan otak lainnya akan berlipat ganda pada tahun 2050.

Para ahli juga mengatakan kasus hilangnya ingatan seseorang di Amerika saja sudah mencapai proporsi epidemi. Ada banyak teori yang menjadi landasan untuk mempercayai mengapa akan ada lebih banyak orang yang mengalami penurunan kemampuan kognitif di usia yang lebih muda.

Namun para ahli juga mengatakan ada beberapa langkah sederhana untuk mencegah hal itu terjadi.

Gary Small, MD. pforesor Psikiatri di UCLA mengatakan bahwa meskipun penuaan adalah faktor risiko terbesar terjadinya kehilangan daya ingat, ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga otak tetap sehat dan tajam.

Bukti ilmiah meyakinkan bahwa perubahan gaya hidup dan aktivitas yang melatih otak dapat membuat memori seseorang menjadi lebih tajam.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu kita lakukan untuk mencegah kehilangan memori atau daya ingat. Di antaranya adalah:

Memantau penggunaan obat
Para ahli percaya bahwa banyak dari mereka yang mengalami gangguan kognitif mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Beberapa jenis obat-obatan yang terkait hal tersebut adalah statin (obat anti-cemas), obat penghilang rasa sakit, beta-blocker, dan obat tidur.

Karena itu tinjaulah obat Anda dengan dokter dan diskusikan apakah obat-obatan yang diberikan memiliki efek samping terhadap fungsi kognitif atau tidak.

Hindari diri dari terjadinya cidera kepala
Cidera kepala dapat menyebabkan kehilangan memori tepat sebelum, selama, atau sesudah kecelakaan terjadi.

Memakai helm saat bersepeda, berkendara sepeda motor, atau olahraga dapat meminimalkan risiko terjadinya cidera pada kepala.

Apabila kepala anda terbentur sesuatu dengan keras, jangan lanjutkan diri anda untuk beraktivitas. Istirahatlah dan segera cari pertolongan medis.

Hindari Sindrom Metabolic
Orang-orang dengan kelebihan lemak di sekitar pinggang mereka, tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, trigliserida tinggi dan rendahnya tingkat HDL (kolesterol baik) umumnya akan mengalami kondisi ini (sindrom metabolik) dan telah dikaitkan dengan penurunan kognitif.

Dr. Ellen Kamhi, penulis The Natural Medicine Chest, mengatakan bahwa olahraga rutin serta mengonsumsi makanan rendah lemak dan kaya serat dapat mengurangi risiko sindrom metabolik.

Kontrol Diabetes
Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa komplikasi dari diabetes dapat meningkatkan risiko Alzheimer sebesar 65 persen. Diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan pola makan yang sehat, mengontrol berat badan dan berolahraga secara rutin.

Tidur yang Nyenyak
Tidur yang nyenyak sangat bermanfaat bagai kesehatan tubuh, tidak terkecuali juga bermanfaat bagi otak. Sebaliknya, gangguan tidur dapat mempengaruhi otak dan memori Anda.

Sebagai contoh, sleep apnea (gangguan tidur) dapat menyebabkan masalah belajar dan memori. Apabila Anda mengalami gangguan tidur, segera hubungi dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Konsumsi Minyak Ikan
Para ahli mengatakan Anda dapat mengurangi risiko kehilangan memori dengan mengonsumsi asam lemak Omega-3 yang bisa ditemukan dalam ikan, minyak ikan, serta supplemen.

Dosis anjuran mengonsumsi minyak ikan adalah 900 mg sehari.

Olahraga
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, olahraga secara rutin memiliki dampak positif bagi fungsi kognitif. aktivitas olahraga akan membawa lebih banyak oksigen ke otak.

Mengasah Otak
Tantanglah otak dengan hal-hal baru seperti belajar bahasa baru, membaca buku yang sulit, bermain teka-teki, dan hal-hal lainnya yang mengharuskan otak Anda untuk bekerja. Lindungilah bagian tubuh Anda yang paling utama ini.

Demikianlah 8 tips mudah menjaga dan meningkatkan daya ingat otak Anda. Semoga dapat menjadi referensi yang bagus untuk Anda praktekkan.

Simak juga artikel menarik lainnya: Tips Cara Mengatur Waktu Sehari-Hari dengan Benar dan Efektif.

Kasih Komentar kamu di sini