5 Produk Buatan bangsa Indonesia yang Sudah Mendunia

5 Produk Buatan bangsa Indonesia yang Sudah Mendunia
5 Produk Buatan bangsa Indonesia yang Sudah Mendunia

Ternyata produk-produk Indonesia tidak hanya eksis di Indonesia saja, tapi sudah mendunia. Sudah banyak produk dalam negeri yang dipakai oleh orang-orang di luar negeri. Inilah 5 produk buatan bangsa indonesia yang sudah mendunia.

Indomie
5 Produk Buatan bangsa Indonesia yang Sudah Mendunia Sudah tidak heran lagi bila produk buatan anak negeri ini sudah terkenal di seluruh dunia. Diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur yang dimiliki oleh keluarga Salim, produk mi instan ini semakin disukai oleh dunia.

Tiap tahun Indofood memproduksi 11 miliar bungkus Indomie dengan 880 juta bungkus untuk diekspor.

Saat ini, produk Indomie telah diekspor di 80 negara di lima benua selama lebih dari 20 tahun. Beberapa negara yang menjadi target pasar Indomie antara lain adalah Singapura, Malaysia, Brunei, Hongkong, hingga Taiwan.

Indomie juga sudah terbang jauh ribuan kilometer mulai dari wilayah Eropa, Timur Tengah, Afrika hingga benua Amerika.

Untuk memenuhi permintaan di berbagai belahan dunia tersebut, Indofood tidak sekadar mendatangkan Indomie dari Indonesia. Namun, perusahan yang dirintis oleh taipan Soedono Salim ini juga membangun pabrik di sejumlah negara lain. Misalnya di Malaysia, Indofood mempunyai perusahaan Indofood (M) Food Industries Sdn Bhd yang khusus memproduksi mi instan di Malaysia.

Untuk wilayah Timur Tengah dan Afrika, Indofood menjalin kontrak perjanjian dengan berbagai perusahaan di sana untuk memproduksi Indomie.

Misalnya saja dengan Pinehill Arabia Food Limited (Pinehill) di Arab Arabia, De United Food Industries Limited (Duhill) di Nigeria, Salim Wazaran Brinjkji Company (Sawab) di Syria, dan Salim Wazaran Abu Elata Co (Sawata) di Mesir.

Lea Jeans
5 Produk Buatan bangsa Indonesia yang Sudah Mendunia Pasti banyak dari Anda yang menyangka jika Lea Jeans adalah brand dari luar negeri. Namun jangan kaget jika mengetahui bahwa Lea Jeans adalah brand asli Indonesia. Dikutip dari situs resmi Lea Jeans, awalnya Lea Jeans diperkenalkan di Singapura pada tahun 1973.

Untuk mendongkrak citranya, saat itu Lea Jeans dikampanyekan sebagai produk Amerika Serikat. Alasannya, agar menjadi pilihan orang-orang Indonesia yang berbelanja di Singapura yang saat itu masih terlalu “Abroad Minded.”

Lea merupakan salah satu merek jeans terkemuka di dunia. Merk ini mereupakan salah satu produksi dari perusahaan asal Indonesia yang beroperasi di Tangerang, Banten yang bernama PT Lea Sanent.

Produk-produk buatan Lea tidak hanya mampu memenuhi pasaran dalam negeri saja, melainkan telah berhasil menembus negara-negara luar seperti Dubai, Korea, dan Hongkong.

Lea selalu berpegang teguh dalam menjamin kualitas produk dan berusaha untuk terus melakukan terobosan-terobosan baru untuk produk Lea.

Sepak terjang bisnis Lea di mulai di Singapura dengan memproduksi T-Shirt. Lea kemudian mulai fokus pada industri denim sejak era tahun 1978 hingga 1979 yang kemudian terus terkenal hingga saat ini.

Dengan berpegang teguh pada kunci sukses yang terletak pada kualitas produk dan pembiayaan yang rasional, Lea berhasil membuat anggapan “Jean terbaik buatan Amerika.”

Berangkat dari anggapan itulah Lea tetap menjaga konsistensinya untuk terus mendistribusikan jean lokal dengan kualitas internasional.

Dengan menawarkan original cutting 606 khas Lea, Lea telah hadir untuk segmen pasar dengan usia 25-35 tahun dengan kapasitas produksi hingga 1 juta pieces tiap bulannya.

Saat ini Lea telah mempunyai lebih dari 34 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia yang didukung dengan 200 counter di beberapa pusat perbelanjaan serta 100 toko jean lokal.

Silver Queen
5 Produk Buatan bangsa Indonesia yang Sudah Mendunia Ingatkah Anda dengan slogan “Santai belum lengkap tanpa Silver Queen”? JIka iya, tentunya Anda sangat familiar dengan produk coklat yang satu ini.

Namun tahukah Anda jika coklat ini adalah produk asli Indonesia. Jika diperhatikan dari nama dan iklan yang selalu ditampilkan, mungkin Anda tidak yakin sepenuhnya jika Silver Queen adalah coklat asli Indonesia.

Nama yang berasal dari kata-kata bahasa Inggris ini mungkin memang mempengaruhi persepsi Anda tentang coklat Silver Queen ini. Ditambah lagi dengan efek iklan yang selalu menampilkan remaja berwajah Eropa semakin membuat kita yakin kalau coklat ini adalah salah satu produk impor dari Eropa.

Silver Queen mulai diproduksi sejak tahun 1950 di bawah naungan PT Petra Food. PT Petra Food adalah perusahaan yang khusus memproduksi makanan, khususnya yang berbahan baku coklat, yang juga memproduksi Meses Ceres dan Coklat Delfi.

Selain dipasarkan di Indonesia, produk Silver Queen juga sudah diekspor ke mancanegara. Beberapa negara tujuannya adalah Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Di antara beberapa negara ini ternyata Filipina adalah negara pertama yang dijadikan tujuan ekspor.

Dua alasan kesuksesan Silver Queen adalah strategi pemasaran dan komunikasi atau promosi. Strategi pemasaran yang dilakukan Silver Queen adalah dengan memperbanyak dan memperluas jaringan distribusi. Inilah yang membuat dia termasuk dalam 5 produk buatan bangsa indonesia yang sudah mendunia.

Silver Queen selalu memberikan kemudahan kepada konsumen untuk mendapatkan produknya, mulai dari warung-warung kecil hingga supermarket ternama semuanya pasti menjual produk Silver Queen. Sedangkan untuk komunikasi dan promosi, Silver Queen selalu menampilkan iklan-iklan yang menarik.

Essenza
5 Produk Buatan bangsa Indonesia yang Sudah Mendunia Jika Anda pergi ke toko material ternama, tentu Anda akan menemukan aneka produk keramik dengan merk Essenza. Mungkin Anda menduga bahwa Essenza merupakan produk impor. Ternyata, produk keramik tersebut asli dari Indonesia.

Essenza merupakan salah satu merk kermaik ternama besutan anak negeri. Diproduksi pertama kali tahun 1993 oleh PT Intikeramik Alamsari Industri Tbk, Essenza telah berhasil menembus pasar Singapura dan Amerika Serikat.

Selain itu, pangsa pasarnya juga tersebar ke berbagai negara di Asia, Eropa, Afrika, dan Timur Tengah. Bahkan Essenza telah diterima di Italia yang notabene merupakan salah satu negeri penghasil keramik terbaik dan terbesar di dunia dan menjadikan dia termasuk dalam 5 produk buatan bangsa indonesia yang sudah mendunia.

Proses produksi Essenza dilakukan di Tangerang, Jawa Barat, sekitar 30 km dari ibukota Jakarta.

Tongsis
5 Produk Buatan bangsa Indonesia yang Sudah Mendunia Perkembangan teknologi telepon seluler (ponsel) saat ini mempermudah orang untuk mengambil foto dimanapun dan kapanpun Seiring semakin gampangnya orang memotret lewat ponsel, kini muncul fenomena foto selfie atau memotret diri sendiri dengan ponsel.

Karena memotret diri sendiri hanya bisa menempatkan ponsel sejauh jangkauan tangan sehingga latar foto menjadi terbatas, maka dengan bantuan sebuah tongkat orang bisa berfoto selfie dengan latar yang lebih luas dan jauh. Tongkat itu dikenal dengan nama tongsis atau tongkat narsis.

Siapa sangka, ternyata ide orisinal tongsis itu berasal dari orang Indonesia bernama Anindito Respati Giyardani atau akrab dipanggil Babab Dito.

Babab mengaku awalnya ia menamai alat itu tongkat ajaib. Tapi kemudian supaya lebih enak didengar dan lebih menjual jadilah namanya tongsis alias tongkat narsis.

Ide awalnya karena Babab ingin menciptakan alat yang memudahkan setiap orang mengambil potret dirinya sendiri tanpa harus meminta tolong orang lain. Ide itu kemudian tersambung lewat monopod yang dimilikinya. Kemudian, iseng-iseng ia sambungkan dengan pengikat ponsel yang biasa dipakai sekadar untuk memajang ponsel di etalase.

Demikianlah daftar 5 produk buatan bangsa indonesia yang sudah mendunia, semoga dengan mengetahui ini kita jadi semakin menghargai dan mencintai produk dalam negeri yang ternyata tidak kalah mutunya dengan produk luar negeri.

Baca pula: Cara Menghilangkan Kulit Belang Karena Sinar Matahari Secara Alami.

Kasih Komentar kamu di sini