10 Manfaat dan Khasiat Melinjo bagi Kesehatan Tubuh

10 Manfaat dan khasiat Melinjo bagi kesehatan tubuh
10 Manfaat dan khasiat Melinjo bagi kesehatan tubuh

Mungkin Anda tidak asing lagi dengan buah yang satu ini. benar, si buah melinjo. Kita sering menemukannya bahkan memakannya, karena sering dijadikan berbagai macam makanan olahan. Ada 10 Manfaat dan khasiat Melinjo bagi kesehatan tubuh Anda.

Daun melinjo muda dan kulit buah melinjo biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran, misalnya dalam sayur asem. Sementara buahnya biasa diolah menjadi emping yang dikenal dengan emping melinjo.

tanaman melinjo merupakan tumbuhan tahunan berbiji terbuka, berbentuk pohon yang berumah dua (dioecious, ada individu jantan dan betina). Bijinya tidak terbungkus daging tetapi terbungkus kulit luar. Batangnya kokoh dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan bangunan.

Daunnya tunggal berbentuk oval dengan ujung tumpul. tanaman melinjo dapat tumbuh mencapai 200 tahun lebih dan setiap panen mampu menghasilkan melinjo sebanyak 80-100 kg. Bila tidak dipangkas bisa mencapai ketinggian 25m dari permukaan tanah.

Selain bisa dijadikan sayuran dan makanan olahan, melinjo juga bermanfaat sebagai pengobatan tradisional. Di antaranya: untuk memperlancar air seni (memanfaatkan kulit melinjo yang dikukus kemudian bisa dimakan langsung), untuk mengatasi anemia dan busung lapar (caranya sama, yakni dikukus atau diolah sebagai sayuran).

Walaupun melinjo memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, nampaknya kita tidak boleh sembarangan mengonsumsinya, terutama bagi penderita asam urat dan darah tinggi.

Melinjo memiliki kadar purin yang tinggi sehingga tidak baik untuk penyakit-penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah tersebut.

Berikut 10 manfaat melinjo bagi kesehatan :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.
Melinjo mengandung antioksidan, di mana manfaat antioksidan dapat membantu tubuh Anda dalam melawan radikal bebas dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam melinjo dapat bekerja seperti vitamin C yang dapat ditemukan dalam buah-buahan lainnya.

2. Mencegah Penuaan Dini.
Khasiat melinjo yang ini sangat cocok untuk kaum hawa yang ingin senantiasa terlihat awet muda , yaitu bisa membantu tubuh Anda untuk mengatasi penuaan dini yang terlalu cepat. Penampilan Anda tentunya akan lebih fresh dan bercahaya.

3. menjaga kesehatan Kulit.
Kandungan zinc pada melinjo dapat membantu untuk mengobati jerawat secara efektif. Zinc dapat membantu meningkatkan fungsi sel darah putih yang berperan penting dalam proses penyembuhan. Selain itu juga penting untuk produksi kolagen yang merupakan jaringan ikat yang penting bagi kesehatan kulit.

4. Menjaga kesehatan Ginjal.
Fosfor dapat membantu dalam menjaga kesehatan ginjal, dengan membantu pelepasan racun dari ginjal melalui ekskresi dan buang air kecil. Dengan meningkatkan frekuensi dan kuantitas buang air kecil, sehingga tubuh dapat mempertahankan kadar air, mengontrol asam urat, kelebihan garam, dan lemak.

5. Menjaga Kesehatan Jantung.
Manfaat melinjo untuk organ jantung adalah mencegah organ ini terserang penyakit jantung, seperti serangan jantung. Siapa sangka ternyata dengan ukurannya yang kecil ini mampu menyehatkan jantung Anda. Kesehatan jantung merupakan tolok ukur yang penting untuk kebugaran tubuh.

6. Mencegah Anemia.
Anemia terjadi dikarenakan tubuh mengalami kekurangan zat besi. Tanpa zat besi yang cukup, tubuh tidak akan memproduksi hemoglobin yang cukup untuk sel darah merah. Dengan mengkonsumsi buah melinjo dapat meningkatkan kadar sel darah merah sehingga dapat membantu mengatasi anemia.

7. Meningkatan Stamina.
Buah melinjo yang diolah menjadi makanan ringan dapat meningkatkan stamina. Menjadi cemilan dari melinjo ini tidak hanya dapat membuat kenyang, tetapi kalori yang rendah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi melinjo yang diolah menjadi makanan, seperti emping melinjo dan sayur asem, untuk membantu Anda mendapat energi.

8. Kesehatan Mata.
Melinjo juga kaya akan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, yang dapat membuat kondisi mata Anda lebih jernih, sehat, dan mempertajam penglihatan. Buah melinjo juga dapat bermanfaat untuk penderita rabun, dengan cara mengkonsumsinya secara rutin.

9. Melancarkan BAB.
Rasa melinjo yang tidak enak untuk sebagai orang ternyata mampu menjadi obat pelancar BAB, yaitu akan bereaksi dalam pencernaan Anda dengan membantu sistem pencernaan untuk melumatkan sisa makanan, sehingga mudah untuk dibuang dari tubuh dalam proses BAB.

10. Peningkat daya ingat.
Pikun tidak hanya dialami oleh orang yang sudah cukup berumur, namun juga remaja dan orang dewasa. Makanlah melinjo untuk membantu Anda dalam meningkatkan daya ingat, sehingga mencegah diri Anda dari penyakit pikun.

Demikianlah 10 Manfaat dan khasiat Melinjo bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Baca pula: Tips Ampuh dan Terbaik untuk Sukses Jualan di Marketplace.

Kasih Komentar kamu di sini